Senin 18 April 2022, 22:29 WIB

Realisasi Anggaran PEN Capai 11,6%, Ini Serapannya

M. Ilham Ramadan Avisena | Ekonomi
Realisasi Anggaran PEN Capai 11,6%, Ini Serapannya

Antara/Raisan Al Farisi
Pelaku UMKM mempersiapkan tas dagangannya di Festival Ekonomi Bangkit Jawa Barat

 

HINGGA 15 April 2022 realisasi anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) telah mencapai Rp52,66 triliun, atau 11,6% dari pagu sebesar Rp455,62 triliun. 

Penyerapan anggaran tersebut terdiri dari penanganan kesehatan yang terealisasi sebesar Rp2,50 triliun atau 2,04% dari alokasi. Dana itu digunakan untuk pembayaran klaim dan insentif tenaga kesehatan, insentif perpajakan kesehatan, serta penanganan covid-19 melalui Dana Desa. 

Lalu penyerapan di bidang perlindungan masyarakat terealisasi sebesar Rp45,08 triliun atau 29,1% dari alokasi. Dana itu digunakan untuk PKH, Kartu Sembako, Kartu Prakerja, BLT Desa, dan Bantuan Tunai PKLWN. 

Kemudian penyerapan anggaran di bidang penguatan pemulihan ekonomi terealisasi sebesar Rp5,07 triliun atau 2,8% dari alokasi. Penyerapan dilakukan untuk program pariwisata, Subsidi Bunga dan IJP UMKM, ICT dan insentif perpajakan. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, program BT-PKLWN disalurkan di 212 Kabupaten/Kota yang menjadi prioritas dalam Program Pengentasan Kemiskinan Ekstrim (PKE), dengan bantuan yang diberikan sejumlah Rp600 ribu per penerima. 

Bantuan tersebut ditujukan kepada 1 juta orang PKL dan Warung, serta 1,76 juta orang Nelayan. 

"Pemerintah juga menyalurkan BLT Minyak Goreng di 514 Kabupaten/Kota dengan jumlah Rp300 ribu per penerima. Bantuan diberikan kepada 2,5 juta orang PKL dan Warung. BLT Minyak Goreng juga diberikan kepada 1,76 juta orang Nelayan di 212 Kabupaten/Kota sebesar Rp300 ribu per Penerima," jelas Airlangga. 

Baca juga : Bank Dunia Rencanakan Dana Krisis Baru hingga US$170 Miliar

Dia menyampaikan, program BT-PKLWN disalurkan oleh TNI/POLRI kepada masyarakat di Kabupaten/ Kota yang menjadi target tersebut. Untuk target penerima dalam penyaluran yang dilakukan TNI adalah 1.380.000 orang, dengan data masuk sebanyak 1.370.030 orang, dan sudah tersalurkan per hari ini kepada 840.282 orang atau 60,9% dari target. 

Sementara, untuk penyaluran oleh POLRI, jumlah target penerima sama yaitu 1.380.000 orang, dengan data masuk sebanyak 1.080.384 orang, dan sudah tersalurkan per hari ini kepada 519.523 orang atau 37,6% dari target. 

"Diharapkan penyaluran bantuan ini bisa disalurkan sampai menjelang Idulfitri nanti," kata Airlangga. 

Dia menambahkan, Presiden Joko Widodo turut mengarahkan agar acara Halal Bihalal yang nanti akan dilaksanakan pada momen Lebaran/Idulfitri, harus dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan (prokes). 

"Bapak Presiden memberikan catatan, terutama untuk kegiatan Halal Bihalal pada Idulfitri nanti agar diselenggarakan dengan prokes, serta diimbau untuk tidak ada makan minum. Kalaupun ada harus tetap menjaga jarak dan mencegah penularan covid-19. Untuk di tempat wisata, hiburan atau keramaian harus sesuai dengan prokes dan kapasitas masing-masing. Untuk mengatur tentang hal ini akan dituangkan dalam Instruksi Mendagri," tutur Airlangga. 

Dengan adanya libur panjang, masyarakat juga diimbau untuk tidak bepergian ke luar negeri dulu selama libur Idulfitri mendatang. 

"Karena situasi di negara lain tidak sama dengan di Indonesia, jadi ada potensi penularan dari sana. Hal ini menjadi peringatan bagi kita semua bahwa pandemi covid-19 masih belum berakhir. Kita harus tetap waspada, karena di beberapa negara mengalami kenaikan kasus, contohnya di Kota Shanghai Tiongkok. Jadi, jangan sampai virus dari luar negeri dibawa oleh PPLN ke dalam negeri," pungkas Airlangga. (OL-7)

Baca Juga

MI/BAYU ANGGORO

Pos Indonesia Buka 7.700 PosAja Drop Point di Seluruh Indonesia

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 23:25 WIB
Pembukaan PosAja Drop Point di Surabaya, juga menandai dibukanya layanan PosAja Drop Point secara serentak di...
Antara

PLN Hadirkan Listrik Premium di Kawasan El Tari Ende NTT di Hari Kemerdekaan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 22:32 WIB
Saat ini total daya mampu di sistem Flores mencapai 93,3 Megawatt (MW), dengan beban puncak tertinggi mencapai 77,25...
Dok MI

Transformasi Bisnis Perkuat PLN Hadapi Tantangan Global

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 22:01 WIB
Erick mengatakan PLN mampu mengurangi utang, bahkan saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya