Senin 28 Maret 2022, 18:03 WIB

Siagakan 7.400 SPBU, Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Aman hingga Lebaran

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Siagakan 7.400 SPBU, Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Aman hingga Lebaran

Antara/Aprilio Akbar
Sejumlah kendaraan mengisi BBM di SPBU Pertamina

 

UNTUK mengantisipasi lonjakan kegiatan mudik masyarakat hingga Lebaran 2022, PT Pertamina (Persero) mempersiapkan stok bahan bakar minyak (BBM) dan LPG dalam kondisi aman. 

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Alfian Nasution mengungkapkan, ribuan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) telah disiagakan. 

Lalu, 667 Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) juga disiapkan bersama 4.972 agen LPG, serta 68 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU). 

"Kami menyiagakan seluruh infrastruktur meliputi 114 terminal BBM, 23 terminal LPG dan lebih dari 7.400 SPBU," ungkapnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR secara virtual, Senin (28/3). 

Selain itu, Pertamina juga akan menyediakan layanan tambahan BBM di jalur potensial meliputi jalur toll, jalur wisata, dan jalur lintas utama. 

Baca juga : Kenaikan Harga Pertamax masih Tunggu Instruksi Pemerintah

Antisipasi tersebut dilakukan karena adanya pelonggaran kebijakan PPKM dan aturan dalam perjalanan yang mendorong masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik saat Ramadhan. 

Selain itu, Pertamina juga membentuk Satuan Tugas (Satgas) mulai (21/3) lalu hingga (10/5) yang melibatkan Tim Holding-Subholding Pertamina serta instansi terkait meliputi Kementerian ESDM, Kemenhub, BPH Migas, kepolisian, TNI, dan PT Telkom Indonesia. 

"Adanya eskalasi peningkatan demand (BBM) saat ini dan krisis Rusia-Ukraina, sejak 21 maret telah dibentuk satgas dan memiliki posko satgas di masing masing regional," ucapnya. 

Pertamina juga telah membentuk Integrated Enterprise Data & Center Command Center (IEOCC) yang merupakan pusat Informasi penyaluran energi mulai dari upstream, kilang, terminal BBM hingga SPBU. (OL-7)

Baca Juga

Ist/Kementan

HUT ke-77 RI, Mentan SYL Sampaikan Terima Kasih kepada Para Petani

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:40 WIB
Menurut SYL, kerja keras mereka terbukti jadi pemicu utama tingginya produktivitas sehingga Indonesia mampu mencapai swasembada di tiga...
Ist/PT KAI

KAI Iringi Indonesia Pulih Lebih Cepat dengan Semangat Melayani

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:32 WIB
Kereta api sudah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari perkembangan bangsa bahkan sejak sebelum masa...
dok.ist

Pangdam XIV: TNI Jamin Stabilitas Keamanan Obvitnas dan PSN Smelter Nikel CNI Group

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 09:25 WIB
SETIAP ada Obvitnas dan PSN, secara tidak langsung itu merupakan tugas TNI untuk menjamin stabilitas keamanannya, demi kemaslahatan orang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya