Jumat 11 Maret 2022, 09:54 WIB

Yen Sentuh Level Terendah terhadap Dolar AS dalam Lima Tahun

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Yen Sentuh Level Terendah terhadap Dolar AS dalam Lima Tahun

AFP/Charly Triballeau.
Seorang pria memegang uang 1.000 yen saat berbelanja di daerah Sunamachi Tokyo pada 9 Maret 2022.

 

MATA uang Jepang, yen, jatuh ke level terendah terhadap dolar AS dalam lima tahun pada Jumat (11/3). Ini karena analis mengatakan nilai mata uang Jepang semakin melemah oleh kenaikan imbal hasil treasury AS.

Satu dolar AS dibeli 116,29 yen sekitar pukul 01.30 GMT, tingkat terendah sejak Januari 2017. Yen, yang sering dianggap sebagai mata uang safe-haven, telah mengalami tren penurunan sejak tahun lalu karena para pedagang mengambil sikap yang lebih optimis terhadap ekonomi global setelah kejutan penguncian virus.

"Sejak kami memiliki poros Fed hawkish yang dimulai pada Juni tahun lalu, imbal hasil treasury AS secara efektif berada dalam tren meningkat, jelas dengan banyak volatilitas. Itu telah menarik yen melemah," Ray Attrill, kepala strategi valas di National Australia Bank, mengatakan kepada AFP.

Yen telah kehilangan nilai hingga 10% nilainya terhadap dolar pada 2021, setelah empat tahun pertumbuhan yang lambat. Imbal hasil treasury AS 10 tahun naik menjadi 2% semalam, Attrill mengatakan Jumat, mencatat bahwa kebijakan Bank of Japan menyematkan imbal hasil obligasi Jepang yang setara dengan nol.

Kenaikan besar dalam harga minyak terkait dengan invasi Rusia ke tetangganya Ukraina juga menjadi faktor negatif secara keseluruhan untuk yen, meskipun baru-baru ini terjadi pelonggaran kenaikan harga energi. "Mengingat besarnya tekanan geopolitik dan sentimen risiko negatif, Anda akan berpikir bahwa yen sebenarnya akan lebih kuat dan menampilkan lebih banyak karakteristik safe-haven. Jadi, sebenarnya bukan itu masalahnya," kata Attrill.

Baca juga: Bayer Jual Unit Pengendalian Hama ke Perusahaan Ekuitas Inggris

Namun, "Kenaikan tajam harga komoditas, dan harga energi khususnya, merupakan negatif besar dalam hal guncangan ekonomi, perdagangan, untuk Jepang, menjadi pengimpor energi yang begitu besar," jelasnya. (AFP/OL-14)

Baca Juga

MI/Ramdani

Indonesia Shopping Festival 2022 Resmi Dibuka, Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 15:41 WIB
Rangkaian kemeriahan Indonesia Shopping Festival 2022 di DKI Jakarta akan diwarnai dengan beragam promo dan program dari berbagai pusat...
Unsplash/ Markus Winkler

Aprindo Bali: Tidak Akan Ada Kepanikan tJika Harga Mie Instan Naik

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 14:47 WIB
Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Bali Anak Agung Ngurah Agung Agra Putra menyebut tak akan ada kepanikan terkait isu...
MI/Ahmad Yakub.

Pangan Lokal Dapat Selamatkan Indonesia dari Ketergantungan Impor Gandum

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 14:15 WIB
Ada beragam tanaman pangan lokal yang berpotensi menjadi pengganti gandum, seperti singkong, sorgum, sagu, ubi jalar, talas, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya