Selasa 08 Maret 2022, 14:47 WIB

Sandiaga Belikan Pelaku UMKM Mesin Jahit Baru agar Hasilnya Optimal

Adi Kristiadi | Ekonomi
Sandiaga Belikan Pelaku UMKM Mesin Jahit Baru agar Hasilnya Optimal

dok.humas
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi dan memberikan mesin jahit baru kepada Darto, pelaku UMKM di Majalengka, Selasa (8/3)

 

DARTO, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bekerja membuat batik ecoprint, semringah setelah dirinya diberi mesin jahit baru dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.
 
Sandiaga memberikan bantuan mesin jahit kepada Darto usai menghadiri program Kabupaten Kota (Kata) Kreatif Indonesia di Jatiwangi Art Factory, Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat.

"Saat sesi tanya jawab KaTa Kreatif, Pak Darto bercerita menginginkan kehadiran dan bantuan pemerintah untuk alat-alat produksinya," ujar Sandiaga Uno, di Jatiwangi Art Factory, Majalengka, Jawa Barat, dalam keterangan resmi, Selasa (8/3/2022).

Tanpa sepengetahuan Darto, Sandiaga memanggilnya dan memberikan alat produksi yang memang dibutuhkan selama ini.
 
"Tolong panggilkan Pak Darto, supaya apa yang dibutuhkan bisa langsung diadakan. Tanpa menunggu lama, kita bisa kasih," ujar Sandiaga, kepada timnya.

Darto pun dipanggil oleh tim Sandiaga dan langsung diberi dua buah mesin jahit. Sandi berharap, dengan alat jahit yang diberikan bisa membangkitkan ekonomi keluarga Darto.

"Ini (batiknya) kan keren kualitasnya sudah ekspor. Harapan saya ini bisa untuk kebangkitan ekonomi," ungkap Sandiaga.

Darto pun dengan mata yang berkaca-kaca dan penuh haru mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga. Dia mengaku akan memberdayakan lingkungan sekitar untuk membuat batik ecoprint, dengan menggunakan mesin jahit yang diberikan Sandiaga.

"Kebetulan saya cuma punya satu mesin jahit, itu pun warisan dari ibu saya. Bahkan tidak tahu usia mesin jahitnya sudah berapa lama," ungkap Darto.
 
"Saya mau memberdayakan lingkungan dengan adanya mesin jahit ini. Mau latih ibu-ibu juga untuk produksinya," tambah Darto.

Adapun alasan Sandiaga memberikan mesin jahit kepada Darto karena selama ini kesulitan dalam proses produksi. Bahkan, satu buah mesin jahit yang sudah dimiliki Darto usianya sudah lama dan harus diganti.
 
Selain memproduksi batik ecoprint, Darto juga produksi baju tari dan melatih di Sanggar Sekar Laras di Kecamatan Sumber Jaya, Majalengka.

Program KaTa Kreatif Indonesia 2022 merupakan upaya untuk membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Pelaksanaannya akan dilakukan di 35 kabupaten atau kota kreatif Indonesia, lokasi yang sudah didatangi antara lain Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Belitung, dan Kota Jambi. (OL-13)

Baca Juga: Cadangan Devisa pada Februari Naik Tipis

Baca Juga

Ist

ALAMI Berkomitmen Dukung Pertumbuhan UMKM lewat Pembiayaan Syariah

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 19:10 WIB
Hingga saat ini, ALAMI telah berhasil menyalurkan pembiayaan ke lebih dari 10.000 proyek dengan akumulasi pembiayaan sebesar Rp3...
Ist

Jumlah Investor Meningkat, Perlu Literasi Pilih Investasi yang Tepat

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 19:08 WIB
Sriwidjaja Rauf menjelaskan pentingnya bagi investor untuk menentukan tujuan Investasi tepat sesuai dengan karakteristik risiko dari...
DOK PT Sekar Bumi

Penjualan Sekar Bumi Meroket Di Kuartal 1 2022

👤Widhoroso 🕔Selasa 28 Juni 2022, 18:59 WIB
KINERJA produsen makanan beku dengan spesialisasi produk udang, ikan,  dan makanan olahan beku lainnya, PT Sekar Bumi Tbk (SKBM),...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya