Rabu 19 Januari 2022, 20:06 WIB

OJK Kalteng Ingatkan Masyarakat Maraknya Investasi Bodong

Surya Sriyanti | Ekonomi
OJK Kalteng Ingatkan Masyarakat Maraknya Investasi Bodong

DOK MI
Otoritas Jasa Keuangan

 

MARAKNYA penipuan berkedok investasi mengharuskan warga ekstra hati-hati dalam menyikapi tawaran investasi yang menggiurkan. Terjadinya kasus investasi bodong di Kalimantan Tengah yang berujung pada pelaporan ke pihak  berwajib adalah salah satunya.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Tengah Otto Fitriandy meminta kepada masyarakat agar hati-hati dalam menerima penawaran investasi ilegal, khususnya penawaran asset kripto yang saat ini sedang marak. Dijelaskannya, sebelum menerima tawaran investasi, ada baiknya cek terlebih dahulu 2L (legal dan logis).  Terlebih lagi apabila mendapat tawaran investasi dengan iming-iming imbal hasil yang sangat tinggi dan  tidak wajar.

"Masyarakat sebagai pemilik dana diharuskan bersikap kritis untuk memastikan investasi dimaksud legal dan aman," jelas Otto dalam keterangan tertulis, Rabu (19/1).

Sebaiknya, kata dia, saat hendak berinvestasi, masyarakat terlebih dulu memahami sejumlah hal-hal seperti memastikan pihak yang menawarkan investasi tersebut memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan. Kemudian memastikan pihak yang menawarkan produk investasi, memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai mitra pemasar.

"Selain itu juga harus memastikan jika terdapat pencantuman logo  instansi atau lembaga pemerintah dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," jelasnya.

Karena itu dia mengharapkan agar warga tidak tergiur dengan tawaran investasi dengan iming-ming imbal hasil yang tinggi dengan risiko yang rendah, karena hal tersebut bertentangan dengan prinsip dasar investasi yakni high risk, high return.

"Masyarakat yang butuh berinvestasi diharapkan dapat berinvestasi di instrumen yang legal atau telah terdaftar atau berizin di otoritas berwenang," tegas Otto. (OL-15)

 

Baca Juga

dok.KNPI

DPP KNPI: Kinerja Pembantu Jokowi Bidang Perekonomian Perlu Perbaikan

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:50 WIB
KINERJA pemerintahan bidang perekonomian mendapat sorotan publik karena kinerja yang buruk. Karena itu, Jokowi harus mengambil langkah...
DOK BNI46

Kuat Dalam GCG, BNI Kembali Menangi Penghargaan IICD

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 16:13 WIB
Raihan ini akan menjadi tolok ukur bagi perseroan untuk lebih gencar lagi dalam meningkatkan penerapan good corporate governance (GCG)...
Antara

Badan Pangan Nasional Dorong Penguatan Harga Gula Di Tingkat Petani Maupun Konsumen

👤Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 14:18 WIB
Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi menegaskan seluruh pabrik gula dapat membeli gula kristal putih produksi petani tebu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya