Selasa 18 Januari 2022, 19:32 WIB

Pemerintah Optimalkan Upaya Penutupan Selisih Harga Minyak Goreng 

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Pemerintah Optimalkan Upaya Penutupan Selisih Harga Minyak Goreng 

Antara/Akbar Nugroho Gumay
Operasi pasar minyak goreng di Jakarta

 

PEMERINTAH memutuskan untuk mengoptimalkan upaya menutup selisih harga minyak goreng demi memenuhi kebutuhan rumah tangga, industri mikro, dan industri kecil. Kebijakan ini didasarkan atas hasil evaluasi yang mempertimbangkan ketersediaan dan keterjangkauan harga minyak goreng bagi masyarakat. 

Menindaklanjuti kebijakan sebelumnya, Pemerintah memastikan kembali agar masyarakat dapat memperoleh harga minyak goreng kemasan dengan harga terjangkau Rp14 ribu per liter. Upaya menutup selisih harga tersebut tidak hanya diberikan untuk minyak goreng kemasan 1 liter, tetapi juga diberikan untuk minyak goreng dalam kemasan 2 liter, 5 liter, dan 25 liter. 

"Dalam rapat ini diputuskan bahwa untuk selisih harga minyak goreng akan diberikan dukungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) sebesar Rp7,6 triliun," ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ketika memimpin Rapat Komite Pengarah BPDPKS, yang dikutip dari siaran pers, Selasa (18/1). 

Baca juga : Malam ini, Mendag Jelaskan Isu Pembatasan Ekspor Sawit untuk Tekan Harga Minyak Goreng

Minyak goreng kemasan dengan harga khusus tersebut akan disediakan sebanyak 250 juta liter per bulan selama jangka waktu 6 bulan. Pemerintah juga akan terus melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin, minimal 1 bulan sekali, terkait dengan implementasi kebijakan itu. 

"Pemberlakuan kebijakan satu harga untuk minyak goreng yakni sebesar Rp14 ribu per liter akan di mulai pada hari Rabu tanggal 19 Januari 2022 pukul 00.00 WIB di seluruh Indonesia. Namun, khusus untuk pasar tradisional diberikan waktu penyesuaian selambat-lambatnya 1 minggu dari tanggal pemberlakuan," pungkas Airlangga. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA

Blusukan, Presiden Temukan Harga Minyak Goreng Sudah Rp14 Ribu/liter

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 15:30 WIB
Setibanya di Pasar Muntilan, Jokowi langsung menanyakan harga komoditas pangan...
Ist/Kementan

Pastikan Lalu Lintas Sapi Antar Area Aman, Mentan Turun Langsung

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 14:39 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo secara langsung memastikan lalu lintas sapi antar area berjalan sesuai Standar Operasional Prosedur...
AFP.

Moody's Pangkas Peringkat Utang Ukraina, Prospek Negatif

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 14:23 WIB
Kongres AS pada Kamis menyetujui paket bantuan besar US$40 miliar untuk Ukraina untuk membantu memerangi Rusia dan menjaga pemerintah tetap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya