Jumat 10 Desember 2021, 10:15 WIB

Sistersel Jadi Langkah Awal Bangun Ekosistem O2O Commerce

Budi Ernanto | Ekonomi
Sistersel Jadi Langkah Awal Bangun Ekosistem O2O Commerce

DOK IST
Sistersel di Mal Kota Kasablanka, Jakarta.

 

PT Omnichannel Retail Indonesia, perusahaan pemilik brand ikonik Indonesia Sophie Martin dan Brunbrun Paris, mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan Sistersel, toko dengan konsep multi-brand yang menjual produk-produk fashion & beauty dengan harga terjangkau.

Sebelumnya, Sistersel merupakan platform e-commerce yang diluncurkan pada akhir 2020. Setelah itu perusahaan memutuskan untuk mengambil langkah agresif memperluas jangkauan Sistersel dengan mentransformasi semua gerai Brunbrun Paris menjadi toko offline Sistersel.

Sistersel akan menawarkan produk fashion dan beauty. Pembukaan toko pertama Sistersel yang berlokasi di Mal Kota Kasablanka, Jakarta merupakan langkah pertama dari visi perusahaan untuk menciptakan ekosistem online to offline (O2O) commerce yang memberikan seamless customer experience.

CEO Omnichannel Retail Indonesia Bruno Hasson dalam keterangan resminya mengatakan, “Peluncuran toko offline Sistersel menjadi babak baru untuk industri retail di Indonesia. Sistersel akan menjadi multi-brand store terbesar di Indonesia yang menawarkan produk fashion dan beauty termasuk brand yang sudah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia, Sophie Paris dan Brunbrun Paris."

"Langkah bisnis ini terlihat cukup berbeda di saat belanja e-commerce sedang diminati namun kami malah membuka gerai fisik Sistersel. Strategi ini diambil karena kami yakin bahwa meskipun tren belanja online meningkat, masyarakat masih membutuhkan pengalaman offline - sejalan dengan strategi bisnis kami menciptakan online to offline (O2O) commerce yang bertujuan untuk menghadirkan pengalaman
berbelanja yang menghilangkan batasan antara online dan offline," tutur Bruno lagi.

Dikatakan Bruno, Sistersel juga akan hadir di kota kota kecil yang kebiasaan belanja online nya tidak setinggi di kota-kota besar. Pada akhirnya perusahaan memiliki berbagai channel untuk mendongkrak penjualan Sistersel, sekaligus memenuhi kebutuhan pelanggan.

Baca juga:  Kolaborasi Fintech dan E-Commerce Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional

Sebelumnya, Sistersel online webstore telah terlebih dulu diluncurkan pada September 2020 untuk menjawab permintaan pelanggan dan distributor Sophie Martin sekaligus mendekatkan produk-produk Brunbrun Paris ke pelanggan di penjuru Indonesia. Hingga kini, platform online Sistersel telah memiliki lebih dari 100.000 anggota, dan melayani hingga 500.000 transaksi per bulannya.

Pengunjung toko daring ini juga mencapai satu juta orang per bulan, menunjukkan minat masyarakat Indonesia yang tinggi terhadap produk-produk Omnichannel Retail Indonesia yang berkualitas, dengan sentuhan chic ala Perancis yang ditawarkan dengan harga terjangkau.

Seiring dengan terkendalinya situasi pandemi dan melonggarnya PPKM, Badan Pusat Statistik melaporkan peningkatan mobilitas di tempat perdagangan ritel dan rekreasi sebanyak 4,4% pada Oktober 2021. Mobilitas ini bahkan lebih ramai dibandingkan dengan kondisi normal sebelum pandemi. Angka penjualan retail pada Oktober 2021 juga kembali mengalami pertumbuhan sebesar 1,8% pada Indeks Penjualan Riil (IPR), setelah menurun tajam pada bulan-bulan sebelumnya, menunjukkan kondisi retail yang kembali kondusif dan menjanjikan.

Melihat data-data tersebut, Omnichannel Retail Indonesia memutuskan untuk mengambil langkah strategis dengan meluncurkan toko fisik Sistersel dengan mengubah seluruh gerai Brunbrun Paris yang berjumlah 50 menjadi Sistersel, mengusung konsep multi-brand khusus produk- produk fashion, make-up, dan skincare dari brand terkemuka seperti Sophie Martin, Brunbrun Paris, Everwhite, Whitelab, dan Holika Holika.

Sistersel juga ingin menjadi toko multi-brand dengan konsep O2O commerce yang terbesar di Indonesia dengan jangkauan luas di seluruh penjuru nusantara yang bernuansa Perancis yang chic dan modern. Sampai akhir kuartal I/2022, Omnichannel Retail Indonesia akan mentransformasi 50 gerai Brunbrun Paris menjadi Sistersel, dan dilanjutkan dengan rencana pembukaan 160 toko baru di seluruh Indonesia, siap menyapa pelanggannya yang berlokasi tak hanya di kota-kota besar, tetapi juga kota-kota lainnya, seperti Pematang Siantar, Pamekasan, dan Manokwari. Selain itu, untuk lebih memperluas lagi jangkauan Sistersel, perusahaan juga membuka peluang franchise untuk kota-kota di Indonesia yang belum memiliki gerai Sistersel.

“Melalui kerjasama franchise, kami berharap dapat menyapa lebih banyak lagi konsumen dan reseller sekaligus turut menggerakkan perekonomian di kota-kota kecil di Indonesia yang jarang memiliki toko yang menawarkan produk fashion & beauty dengan gaya Perancis seperti Sistersel. Seiring dengan terealisasinya ekosistem O2O commerce, kami akan mendobrak industri retail konvensional Indonesia dengan sistem IT yang terintegrasi dan jangkauan pelanggan yang luas,” kata Bruno. (R-3)

Baca Juga

Antara

Pembelian Minyak Goreng Lewat PeduliLindungi untuk Cegah Spekulan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 28 Juni 2022, 19:43 WIB
Sistem tersebut juga memudahkan pemerintah dalam mengatur tata kelola distribusi minyak goreng curah. Sebab, terdapat data pribadi yang...
Dok. BNI

Bantu Ditjen Pajak, BNI Buka Kerja Sama Peningkatan Layanan Nasabah

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 19:21 WIB
Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Suryo Utomo mengatakan, kerja sama itu meliputi peningkatan layanan perbankan terkait...
Ist

ALAMI Berkomitmen Dukung Pertumbuhan UMKM lewat Pembiayaan Syariah

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 19:10 WIB
Hingga saat ini, ALAMI telah berhasil menyalurkan pembiayaan ke lebih dari 10.000 proyek dengan akumulasi pembiayaan sebesar Rp3...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya