Kamis 02 Desember 2021, 23:08 WIB

Terima SPPT SNI, Mitra Binaan Pupuk Kaltim Siap Bersaing Secara Global 

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Terima SPPT SNI, Mitra Binaan Pupuk Kaltim Siap Bersaing Secara Global 

Dok. Pupuk Kaltim
Penyerahan sertifikat SNI untuk UMKM binaan Pupuk Kaltim

 

DUA UMKM mitra binaan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), yakni Abon Jaya Mandiri dan Amplang Ikan Barokah, secara resmi menerima Sertifikat Produk Penggunaan Tanda Standar Nasional Indonesia (SPPT SNI) dari Badan Standardisasi Nasional (BSN). 

SEVP Komersil Pupuk Kaltim Meizar Effendi mengungkapkan, keberhasilan dua mitra bisnis dalam meraih SPPT SNI menjadi bukti bahwa perseroan serius dalam membina dan mengembangkan UMKM lokal untuk lebih berdaya saing dengan menghasilkan produk bermutu dan berkualitas. 

Menurut dia, peningkatan daya saing produk lokal melalui penerapan SNI perlu dilakukan untuk menciptakan persaingan usaha yang sehat. Itu juga tidak terlepas dari besarnya potensi dan peluang UMKM menembus pasar nasional maupun global. 

"Melalui SNI, pelaku usaha dapat memberi jaminan mutu dan kualitas untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, sehingga mampu menghadapi persaingan dalam rangka pengembangan potensi daerah. Kami bersyukur, hal itu telah dibuktikan mitra binaan PKT yang meraih SPPT SNI," ujar Meizar melalui keterangan tertulis, Kamis (2/12). 

Baca juga : Kapal Pengangkut Pupuk Subsidi Terbakar, Pupuk Indonesia Jamin Distribusi Pupuk Aman 

Dorongan penggunaan SPPT SNI juga menjadi sasaran utama pembinaan PKT untuk memberi jaminan dan perlindungan kepada konsumen, sehingga tidak ragu untuk menggunakan ataupun mengonsumsi produk yang dihasilkan. 

Sejauh ini, sudah empat mitra UMKM binaan Pupuk Kaltim yang meraih SPPT SNI. Ke depan, dorongan untuk memperoleh SPPT SNI akan terus dilakukan perseroan demi memberi jaminan mutu dan kualitas produk yang dihasilkan. 

Pemilik Amplang Ikan Barokah Suratmin mengungkapkan pembinaan yang dilakukan Pupuk Kaltim sangat berpengaruh terhadap perkembangan usaha yang dilakoninya, baik dalam hal permodalan maupun pendampingan penguatan kapasitas usaha. Pencapaian itu menjadi tonggak kemajuan bisnisnya yang kini mampu menembus pasar regional dan nasional, dengan total produksi antara 5.000 hingga 7.000 bungkus per bulan. (OL-7)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

SKK Migas : Rasio Penggantian Cadangan Migas di Atas 100%

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 21 Januari 2022, 10:54 WIB
Kinerja ini dianggap sebagai indikator positif di industri hulu migas untuk menggantikan cadangan migas yang sudah...
Dok.CSAP

CSAP Ekspansi, Buka Mitra10 di Pekan Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 21 Januari 2022, 08:56 WIB
Ekspansi yang agresif merupakan strategi CSAP untuk meningkatkan pendapatan dan margin keuntungan dan sekaligus untuk menguasai pangsa...
MI/heri susetyo

Insentif PPN Properti dan Otomotif Incar Dana Kelas Menengah Atas

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 21 Januari 2022, 07:25 WIB
Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan logika dari kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tersebut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya