Jumat 01 Oktober 2021, 14:55 WIB

Ekonomi RI Kuartal III 2021 Diyakini tidak Mengalami Tekanan Besar

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Ekonomi RI Kuartal III 2021 Diyakini tidak Mengalami Tekanan Besar

Antara
Foto udara suasana gedung bertingkat di kawasan Jakarta.

 

KINERJA perekonomian Indonesia pada kuartal III 2021 kemungkinan besar tidak mengalami tekanan yang terlalu dalam. Hal itu ditekankan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu.

Menurutnya, pemerintah berhasil mengatasi tekanan akibat penyebaran varian Delta pada kuartal II 2021. "Kuartal III kita memang mendapatkan challenge akibat varian Delta yang menyerang di Juli. Tapi, Agustus sampai September sudah pulih," ujar Febrio dalam konferensi pers virtual, Jumat (1/10).

"Kita harap kondisi perekonomian di kuartal III yang tadinya khawatir tertekan, tidak akan tertekan sangat dalam. Semua ini terlihat dari aktivitas ekonomi yang sudah berjalan, namun dengan protokol kesehatan ketat," imbuhnya.

Baca juga: Defisit APBN 2021 Kemungkinan Besar di Bawah 5,7%

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa tidak banyak negara yang mampu memulihkan ekonomi setelah dihantam badai pandemi covid-19. Namun, Indonesia dengan kebijakan PPKM dan juga vaksinasi secara masif, dapat menuju pemulihan yang diharapkan.

"Banyak negara belum bisa turunkan penyebaran covid-19, khususnya varian Delta, secara signifikan. Tentu disiplin masyarakat sangat menentukan. Kita senang sekali jalanan sudah ramai, mal dibuka, tapi kita tetap memakai masker. Kita senang masyarakat sadar untuk menjaga protokol kesehatan," pungkas Febrio.

Baca juga: Penurunan Komoditas, September 2021 Alami Deflasi 0,04%

Diketahui, angka vaksinasi covid-19 di Tanah Air sudah mencapai 1,7 juta orang per hari. Bahkan, dalam beberapa hari, angka vaksinasi menyentuh 2 juta orang per hari. Febrio menekankan bahwa vaksinasi harus digencarkan untuk mencapai target 70% populasi di Indonesia.

Pemerintah dikatakannya tetap optimis dan memprediksikan pertumbuhan ekonomi pada 2021 mencapai 3,7-4,5%. "Hal ini tentu membuat World Bank juga merevisi prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Saya kira pertumbuhan ekonomi Indonesia masih sangat kuat," tutupnya.(OL-11)

Baca Juga

Ist

Digitalisasi Dorong Kopi Indonesia Mendunia

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:49 WIB
Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu yang berpeluang meraih manfaat besar dari pesatnya perkembangan...
Dok. United

Perluas Akses Mendapatkan Sepeda Berkualitas, SBI akan Buka 2 Pusat Distribusi Tahun Ini 

👤Ghanni Nurcahyadi 🕔Kamis 27 Januari 2022, 22:52 WIB
Direktur Utama SBI Andrew Mulyadi mengungkapkan, pusat distribusi itu nantinya akan makin memudahkan konsumen untuk mengakses sepeda...
MI/Susanto

Strategi Penanganan Pandemi Berbuah Manis pada Perekonomian 

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 27 Januari 2022, 22:20 WIB
“Strategi penanganan covid-19 menghasilkan hasil yang baik, sehingga pemulihan ekonomi dapat berjalan sesuai dengan apa yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya