Rabu 22 September 2021, 23:54 WIB

Inisiatif #Pejuanglokal Blibli Bikin UMKM Naik Kelas

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Inisiatif #Pejuanglokal Blibli Bikin UMKM Naik Kelas

Dok. Blibli
Ilustrasi inisiatif #Pejuanglokal Blibli

 

USAHA Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang iktu terdampak dari pandemi Covid-19. Salah satu cara untuk membangkitkan UMKM di tengah pandemi ialah dengan melakukan transformasi digital.

Hal itu pun disadari oleh platform e-commerce, Blibli.com yang menginisiasi gerakan #Pejuanglokal untuk mendorong transformasi digital terhadap UMKM. Hal itu juga menjadi rangkaian dukungan Blibli terhadap gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Vice President Galeri Indonesia Blibli Andreas A Pramaditya mengatakan, inisiatif #Pejuanglokal membantu UMKM untuk bisa memanfaatkan teknologi digital dan saluran omnichannel, untuk memasarkan produknya lebhh luas.

Inisiatif itu, lanjut Andreas juga menjadi bagian dari Galeri Indonesia yang merupakan salah satu fitur dalam Blibli yang mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital.

"Dengan masuk ke e-commerce, UMKM mengalami peningkatan penjualan. Contohnya, selama pandemi saja, terjadi peningkatan hingga 7 kali lipat transaksi dari UMKM, terutama di sektor makanan dan minuman, juga kesehatan," kata Andreas dalam diskusi virtual.

Baca juga : Menkeu : Keuangan dan Perbankan Syariah Miliki Peluang Besar

Andreas menambahkan, selain mengajak UMKM untuk bergabung, pihaknya juga melakukan kegiatan promosi dan edukasi bagi UMKM agar semakin mulus dalam melakukan transformasi digital 

Dalam inisiatif #Pejuanglokal, Blibli juga menggelar sejumlah aktivitas untuk semakin memperkenalkan produk UMKM ke khalayak. Salah satunya lewat Festival Jajanan Lokal berkolaborasi dengan Tirta Lie. Kegiatan itu bahkan membuat Blibli bisa mendapatkan Rekor MURI.

Andreas menambahkan, pihaknya juga menyalurkan produk UMKM ke sejumlah warung mitra Blibli agar produknya bisa semakin dekat dengan pasar yang pembeli yang lebih luas.

Blibli, kata Andreas juga sedang menjalin kerja sama dengan platform e-commerce asal Malaysia untuk memasarkan produk UMKM Indoneisia di Negeri Jiran itu.

"Konsepnya , kami yang melakukan kurasi terhadap produknya. Tapi ini masih berlangsung proses kurasinya sembari mematangkan kerja sama." pungkas Andreas. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok Shopeepay

ShopeePay 12.12 Birthday Deals Hadir Rayakan Pencapaian UMKM Sepanjang 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 28 November 2021, 12:26 WIB
Berbagai penawaran spesial hadir guna menstimulasi pertumbuhan UMKM dan sebagai bentuk apresiasi atas dukungan serta peran aktif masyarakat...
Ist

Sandiaga Uno Dorong Bidang Kecantikan dan Fesyen untuk Bangkitkan Perekonomian

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 28 November 2021, 11:44 WIB
Pelaku ekonomi kreartif subsektor fesyen diharapkan dapat memperkuat produknya dari sisi inovasi, kreativitas dan kolaborasi agar bisa...
DOK KEMENTAN

Kunjungi Brebes, Kementan Dorong Penumbuhan UMKM Hortikultura Tingkatkan Diversifikasi Olahan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 28 November 2021, 11:26 WIB
Sekretaris Ditjen Hortikultura, Retno Sri Hartati Mulyandari menyampaikan bahwa penumbuhan UMKM adalah untuk menjaga stabilisasi harga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya