Kamis 16 September 2021, 15:40 WIB

BEI Hadirkan Layanan Data untuk Sektor UMKM

Fetry Wuryasti | Ekonomi
BEI Hadirkan Layanan Data untuk Sektor UMKM

Antara
Pekerja membersihkan patung banteng dengan latar belakang layar pergerakan IHSG di gedung BEI, Jakarta.

 

SEBAGAI salah satu upaya memperluas akses dan penyebaran informasi pasar modal, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menghadirkan kebijakan Layanan Data BEI untuk sektor usaha mikro, kecil dan nenengah (UMKM).

"Layanan Data BEI merupakan layanan data pasar modal untuk sumber informasi dan referensi, sekaligus tools yang dapat memberikan kemudahan dalam perumusan keputusan bisnis, trading, analisis pasar, kegiatan usaha perusahaan rintisan, serta UMKM," ujar Sekretaris Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia Yulianto Aji Sadono, Kamis (16/9).

Baca juga: Manfaatkan Cloud, Startup Berdayakan UMKM di Indonesia

BEI menyadari pertumbuhan UMKM di Indonesia yang tergolong tinggi, sebagai kesempatan untuk bersinergi dengan menghadirkan kebijakan baru. Tujuannya, memberikan akses lebih luas dan terjangkau, serta membantu pemerintah dalam membina UMKM untuk mengembangkan bisnisnya.

Adanya permintaan produk Layanan Data BEI dari UMKM, serta adaptasi dari keberagaman pada produk dan layanan BEI, merupakan tujuan lain dari diluncurkannya kebijakan ini. Sebagai aksi nyata keberpihakan terhadap UMKM, BEI merespons Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021.

Baca juga: BEI: Ada 26 Perusahaan dalam Proses IPO Tahun Ini

Dalam hal ini, dengan menghadirkan kebijakan penerapan skema khusus untuk beberapa produk data yang telah ditentukan dan berlaku bagi sektor UMKM. Skema khusus untuk beberapa produk data ini berupa potongan biaya atau discount sebesar 80% untuk perusahaan mikro.

Lalu, potongan 60% untuk perusahaan kecil dan 20% untuk perusahaan menengah atas biaya lisensi data BEI. Terdapat enam produk yang berlaku untuk kebijakan tersebut, yaitu IDX Equity Real Time Summary, IDX Equity Real Time Indices, IDX-i Equity Real Time Summary, IDX-i Equity Real Time Indices, IDX Equity EOD Professional dan IDX Equity EOD Indices.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara

Tingkatkan Produksi Padi dengan Meratakan Produktivitas Jawa-luar Jawa

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 05 Desember 2021, 15:13 WIB
Salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas beras di Indonesia adalah dengan menutup kesenjangan produktivitas di Jawa dan luar Jawa...
Antara

BUMN Kirim Mobil Evakuasi hingga Makanan untuk Korban Erupsi Semeru

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 05 Desember 2021, 15:05 WIB
Kementerian BUMN mengirimkan 12 unit mobil evakuasi, air mineral, masker, makanan siap saji dan selimut untuk para korban bencana letusan...
Dok.Pri

Saham Tays Bakers Oversubscribed 26x, Cerminan Prospek Cerah Industri Mamin

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 14:57 WIB
Hasil penawaran saham TAYS pada 30 November - 2 Desember mencerminkan prospek cerah dan stabil industri makanan dan minuman di dalam maupun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya