Jumat 03 September 2021, 17:21 WIB

Erick Thohir Larang BUMN Menjadi Kartel

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Erick Thohir Larang BUMN Menjadi Kartel

Antara/Dhemas Reviyanto.
Menteri BUMN Erick Thohir.

 

BADAN usaha milik negara (BUMN) diharapkan lebih membuka diri untuk bekerja sama dengan berbagai pihak. Jangan sampai perusahaan BUMN menjadi kartel yang saling bertransaksi satu sama lain demi mengambil keuntungan.

"Kita harus membuka diri. Tidak boleh ada lagi dari satu BUMN ke satu BUMN lainnya menjadi kartel. Saling trading, saling suplai satu sama lain, baik itu dalam bentuk seragam, air minum, dan lainnya," tegas Menteri BUMN Erick Thohir dalam konferensi pers virtual, Jumat (3/9).

Dia pun berharap BUMN dapat terus berkontribusi kepada masyarakat melalui berbagai langkah yang strategis dan tidak hanya menguntungkan perusahaan BUMN. "Sekali lagi, kami di BUMN sangat membuka diri dalam kondisi saat ini," ujarnya.

Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, BUMN memberikan kontribusi sebesar Rp3.290 triliun kepada negara. Hal itu diberikan dalam bentuk pajak, dividen, dan PNBP.

Meskipun demikian, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan bahwa angka tersebut belum cukup. Menurutnya, BUMN harus mengambil peran besar untuk mendorong kinerja UMKM dan berpihak kepada masyarakat.

"Apakah kontribusi kita sudah cukup? Tidak. Karena sejak krisis (pandemi covid-19) terjadi, kami BUMN daripada menunjuk bahwa itu harus diperbaiki, di sini harus diperbaiki, kita (lebih baik) menunjuk diri kita sendiri, kita mentransformasi diri kita sendiri. Kita memastikan BUMN tidak jadi menara gading, tapi harus dekat dengan program UMKM dan dekat dengan masyarakat," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

Istock

Ini Arti Start-Up

👤Abdullah Aziz Rajudin 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 05:30 WIB
Saat ini, definisi arti start-up adalah sebuah usaha yang baru berjalan dan menerapkan inovasi teknologi untuk menjalankan core...
Antara

Sandiaga Gandeng Biro Perjalanan Mancanegara untuk Ramaikan Bali

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Oktober 2021, 23:55 WIB
Bali masih sepi dari kunjungan wisatawan mancanegara sejak dibuka pertama kali selama pandemi pada 14...
MI/Andri Widiyanto

Sandiaga Sebut Aturan PCR Memberatkan Sektor Pariwisata

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Oktober 2021, 22:52 WIB
"Kami lagi coba tingkatkan wisata Bali yang tembus 10-11 ribu orang yang berkunjung. Tapi, sekarang ada penurunan 20-30%,"...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya