Rabu 01 September 2021, 11:31 WIB

Pertamina Mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI)

mediaindonesia.com | Ekonomi
Pertamina Mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI)

Ist/Pertamina
Rangkaian kegiatanpre-event Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI).

 

BERAGAM pelatihan digital telah digelar mulai Agustus 2021 lalu sebagai bagian dari pre-event Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) tahun ini, sekaligus sebagai bekal UMK dan BUMDes agar siap dalam menyongsong era kemajuan teknologi informasi.

Pelatihan diharapkan bisa bermanfaat untuk perkembangan bisnis bagi pelaku usaha di antaranya pelatihan terkait mempersiapkan usaha mikro kecil (UMK) dan BUMDes untuk Go Online hingga live bazar sebagai upaya meningkatkan penjualan UMK.

Adapun kegiatan dilaksanakan secara daring, yang diakses peserta melalui aplikasi Zoom Meeting dan Youtube. Total peserta dalam kegiatan pre-event GBBI sejumlah 2.461 peserta.

Kegiatan GBBI tahun ini diharapkan dapat mendorong UMK/BUMDES menjadi Go Digital dan Go Online yakni mampu beradaptasi pada perkembangan zaman sehingga turut meningkatkan keefektifan dalam menjalani bisnis.

Seperti jangkauan pemasaran lebih luas, transaksi di mana pun, dan omzet yang didapatkan bisa lebih banyak akibat produktivitas bertambah.

Dengan kesuksesan on boarding-nya UMK pada media sosial ataupun platform marketplace, diharapkan dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19. 

Dukungan Terhadap SDG  dan ESG

Berbagai langkah produktif ini dilakukan sebagai wujud implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Utamanya pada tujuan ke-delapan, yakni menyediakan Pekerjaan yang Layak dan mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional. Di mana hal tersebut turut menyasar aspek pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan wanita dan para difabel. 

Menjalankan amanah UU BUMN untuk dukung UMK

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen ESG atau Environmental Social & Governance terutama aspek Sosial melalui kegiatan pemberdayaan usaha mikro kecil.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 19 tahun 2003 tentang BUMN, Pertamina sebagai salah satu BUMN strategis milik Indonesia, berkomitmen kuat untuk mendukung kebangkitan usaha mikro, kecil dan menengah dengan spirit "Energizing You dan Energizing Indonesia".

Energi yang menjadi bahan bakar, energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan, dan energi yang mampu menggerakkan roda perekonomian melalui UMK dan BUMDes. (RO/OL-09)
 

Baca Juga

Antara/Bayu Pratama S.

Kinerja APBN Efektif, Fungsi Countercyclical Dilanjutkan pada 2022

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 29 November 2021, 18:50 WIB
Langkah pemulihan ekonomi dengan menggunakan instrumen APBN sejak 2020 berhasil mendukung penanganan dan pengendalian...
Ist

Ethereum Naik dan Pecah Rekor, Bitcoin Dekati Rp1 Miliar

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 18:33 WIB
Kabar Ethereum dan Bitcoin yang pecah rekor tentu adalah kabar menggembirakan untuk para investor yang menginvestasikan uangnya untuk...
Antara/Hafidz Mubarak A.

DBS Group: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Meningkat pada Akhir 2021

👤Fetry Wuryasti 🕔Senin 29 November 2021, 17:54 WIB
Bank Indonesia telah membeli obligasi senilai lebih dari Rp143 triliun (0,9% dari PDB) dari pasar perdana sejak awal tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya