Selasa 17 Agustus 2021, 08:23 WIB

Harga Minyak Dunia Merosot Dipicu Kekawatiran Varian Delta Covid-19 Mengganas

mediaindonesia.com | Ekonomi
Harga Minyak Dunia Merosot Dipicu Kekawatiran Varian Delta Covid-19 Mengganas

Antara
ilustrasi

 

HARGA minyak dunia mengalami penurunan pada Senin, menyusul masih berlangsungnya kekhawatiran pasar terhadap penyebaran varian Delta Covid-19. Cepatnya penyebaran dan tingginya angka kematian berdampak terhadap pemulihan permintaan komoditas tersebut.

Indeks WTI (West Texas Intermediate) harga minyak pada September diperkirakan turun 1,15 dolar AS menjadi 67,29 dolar AS per barel di bursa New York Mercantile. Minyak Brent pada Oktober turun 1,08 dolar AS ditutup pada 69,51 dolar per barel di bursa berjangka London ICE.

"Harga minyak di bawah tekanan saat dalam minggu-minggu ini," ujar analis energi pada Commerzbank Research Carsten Fritsch, Senin.

"Namun pelaku pasar secara perlahan akan menurun di mana situasi pasar minyak terlihat dari laporan bulanan IEA dan OPEC pada Kamis lalu yang menunjukkan tak terlalu optimis,khususnya tahun depan," ujarnya.

Badan Energi Intenasional (IEA) dalam laporan bulanan pasar minyak menyatakan, pertumbuhan permintaan mengalami kemunduran pada Juli setelah tercatat meningkat pada Juni, dan proyeksi pada 2021 telah diturunkan terkait progres pandemi dan revisi data.

Lembaga tersebut juga memperkirakan kemungkinan suplus pasokan pada tahun depan jika OPEC+ mempertahankan rencananya dan mengurangi pemotongan produksinya.

Dalam laporan bulannya, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) mempertahanankan prakiraan permintaan mereka, namun sebagaimana dinyatakan IEA bahwa tahun depan produksi OPEC akan mencapai 1 juta barel per hari lebih rendah dari perkiraan sebelumnya.

Pada Jumat pekan lalu, harga patokan minyak AS naik 0,2 persen, sementara harga minyak Brent turun 0,2 persen. (Ant/OL-13)

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 di Klaten Bertambah 134 dan 213 Sembuh

Baca Juga

MI/Dwi Aprinai

Gelontorkan Minyak Goreng Sesuai Ketentuan, Wilmar Minta Konsumen Tidak Panic Buying

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 13:25 WIB
Seluruh merek minyak goreng produksi Wilmar saat ini telah seluruhnya dipasarkan seharga Rp 14 ribu, yaitu Sania, Siip, Sovia, Mahkota,...
MI/Selamat Saragih

Insentif Bisnis Minta Ditingkatkan, Pengusaha Klaim Bermanfaat Bagi Pendidikan

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 23 Januari 2022, 11:20 WIB
DALAM upaya mendongkrak perekonomian pasca Pandemi Covid-19, pemerintah diharapkan perlu mengatur insentif yang dapat dirasakan manfaatnya...
dok angkasa pura

Tingkatkan Transparansi, Angkasa Pura II Gandeng Visi Integritas

👤RO/Micom 🕔Minggu 23 Januari 2022, 10:30 WIB
PT Angkasa Pura II meningkatkan transparansi, akuntabilitas, integritas, dan budaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya