Senin 14 Maret 2022, 08:45 WIB

Ilmuwan Konfirmasi Adanya Deltacron

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Ilmuwan Konfirmasi Adanya Deltacron

ANTARA/Fransisco Carolio
Ilustrasi--Tim Satuan Tugas Covid-19 Kota Medan memeriksa empat sampel swab antigen pengunjung salah satu kafe saat razia prokes.

 

PARA ilmuwan telah mengonfirmasi keberadaan varian covid-19 baru yang menggabungkan mutasi dari varian Omikron dan Delta untuk pertama kalinya, dengan kasus dilaporkan ada di Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Live Science, mengutip makalah yang diunggah di medRxiv, melaporkan varian hibrida baru, yang secara tidak resmi dijuluki Deltacron, dikonfirmasi melalui pengurutan genom yang dilakukan oleh para ilmuwan di IHU Mediterrane Infection di Marseille, Prancis, dan telah terdeteksi di beberapa wilayah Prancis.

Kasus juga ditemukan di Denmark dan Belanda, menurut database internasional GISAID. Secara terpisah, dua kasus telah diidentifikasi di AS oleh perusahaan riset genetika yang berbasis di California, Helix.

Baca juga: Cuma Nambah 418 Ribu Dosis Sehari, Vaksinasi Covid-19 Melambat

The Guardian juga melaporkan, sekitar 30 kasus telah diidentifikasi di Inggris.

Varian hibrida itu muncul melalui proses yang disebut rekombinasi--ketika dua varian virus menginfeksi pasien secara bersamaan, bertukar materi genetik untuk menciptakan varian baru.

Para ilmuwan mengatakan tulang punggung varian Deltacron berasal dari varian Delta, sedangkan protein lonjakannya--yang memungkinkan virus memasuki sel inang--berasal dari Omikron.

"Kami telah mengetahui bahwa peristiwa rekombinan dapat terjadi, pada manusia atau hewan, dengan berbagai varian #SARSCoV2 yang beredar," tulis kepala ilmuwan di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)  Soumya Swaminathan lewat Twitter. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Ist

Pemanfaatan Hutan Berkelanjutan Jadi Solusi Perubahan Iklim

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 11:03 WIB
Pemerintah menegaskan akan terus mendorong pemanfaatan hutan lestari, pembangunan berkelanjutan dan berkomitmen pada upaya pengendalian...
MI/Susanto

Jemaah Haji Indonesia yang Alami Gejala Kelainan Jantung Harap Segera Lapor

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 29 Juni 2022, 10:53 WIB
Tiga keluhan penyakit jantung jemaah haji Indonesia yakni gagal jantung, penyempitan pembuluh darah di jantunng dan gangguan pada irama...
Dok. Komunitas Kelas Gambar Indonesia

Seni dalam Sunyi: Karya Lukisan dan Drawing 15 Anak Tuli

👤Humaniora 🕔Rabu 29 Juni 2022, 10:00 WIB
Tujuan pameran ketiga Kelas Gambar ini, senada dengan rangkaian workshop sebelumnya, yakni "Krayon Kami, Karya Kami" (2019) dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya