Minggu 01 Agustus 2021, 13:47 WIB

Gratis, Ruas Tol Cibitung-Cilincing Seksi I

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Gratis, Ruas Tol Cibitung-Cilincing Seksi I

Antara
Tol Cibitung - Cilincing seksi I

 

RUAS tol baru yakni, jalan tol Cibitung - Cilincing seksi I segmen Junction Cibitung - Interchange Telaga Asih, Bekasi, Jawa Barat, mulai beroperasi sepanjang 2,65 km tanpa dikenakan biaya per Sabtu (31/7).

Tol Cibitung - Cilincing dengan total ruas 34 km, merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dan akan melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road/JORR) I yang sudah operasional dan JORR-2.

"Pengoperasian Segmen Junction Cibitung - Interchange Telaga Asih dilaksanakan dalam 2 tahapan, di mana pada tahap awal, pengguna jalan tol tidak dikenakan tarif (gratis) mulai 31 Juli - 7 Agustus 2021," tulis @waskita_tollroad selaku operator pembangunan tol tersebut yang dikutip Minggu (1/8).

Tahapan selanjutnya, tol Cibitung - Cilincing seksi I akan beroperasi dengan memberlakukan tarif masuk tol mulai 8 Agustus.

Baca juga : Situasi Ekonomi pada PPKM Level 4 akan Lebih Berat

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Krisno Yuwono dalam keterangan persnya beberapa waktu lalu menyebut, kehadiran Tol Cibitung - Cilincing yang merupakan jaringan jalan tol di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta- Bogor-Depok- Tanggerang- Bekasi) akan menghubungkan konektivitas kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

"Selain itu juga memberikan dukungan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter, dan logistik, khususnya menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing," ucapnya.

Jalan Tol Cibitung - Cilincing terdiri atas 4 seksi, dengan progres konstruksinya keseluruhan sudah mencapai 85,38% per Mei 2021. Proyek infrastruktur ini ditargetkan akan segera selesai pada tahun ini.

Pembangunan jalan tol ini dikerjakan BUJT PT. Cibitung Tanjung Priok Port Tollways dengan kontraktor PT. Waskita Karya dan konsultan supervisi PT. Virama Karya SMEC Denka. Adapun, rotal nilai investasinya sekitarr Rp 12,9 triliun untuk keseluruhan 4 seksi.

Direktur Utama PT. Cibitung Tanjung Priok Port. Toolways Thorry Hendarto mengungkapkan, untuk Seksi 2 Telaga Asih – Muara Bakti (10,1 km) progresnya mencapai 98,06 % per Mei 2021.

Berikutnya, seksi 3 Muara Bakti – Kanal Banjir Timur memiliki ruas 14,35 km, dan Seksi 4 Kanal Banjir Timur – Cilincing memiliki ruas 7,2 km. Untuk seksi 2 dan 3 ruas tol ini ditargetkan pemerintah rampung pada akhir Oktober 2021 dan sisanya seksi 4 akhir Desember 2021. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Agung Sastro

Perbaikan Butuh Waktu Sebulan Telkom Minta Pelanggan Indihome Sabar

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 23 September 2021, 12:35 WIB
VICE President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono memperkirakan, proses perbaikan kabel laut yang terganggu akan berlangsung...
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Menteri KKP Janjikan Perbaikan Pelabuhan Perikanan di 2022

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 23 September 2021, 12:10 WIB
Sejumlah indikasi pelabuhan perikanan belum memenuhi standar ialah adanya bau yang ditimbulkan dari aktivitas perikanan di sana dan belum...
DOK

Petani dan Pedagang Jagung Pertanyakan Peranan Kemendag

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 23 September 2021, 09:34 WIB
Ada 2 Kecamatan yang sejak dulu selalu memasuki masa panen pada akhir Oktober. Dua Kecamatan itu adalah Kecamatan Gerung dan Kecamatan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sarjana di Tengah Era Disrupsi

Toga kesarjanaan sebagai simbol bahwa seseorang memiliki gelar akademik yang tinggi akan menjadi sia-sia jika tidak bermanfaat bagi diri dan orang banyak di era yang cepat berubah ini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya