Jumat 30 Juli 2021, 15:39 WIB

Kemnaker Siap Kucurkan BSU Tahap Pertama untuk 1 Juta Pekerja

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Kemnaker Siap Kucurkan BSU Tahap Pertama untuk 1 Juta Pekerja

Antara
Guru honorer menunjukkan dokumen buku tabungan bank saat pencairan BSU di Lhokseumawe, Aceh.

 

KEMENTERIAN Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali menggulirkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada pekerja atau buruh yang terdampak pandemi covid-19. 

Bantuan ini diberikan kepada 1 juta pekerja yang berada di wilayah PPKM kategori level 3 dan 4 untuk tahap awal. Dalam penyalurannya, Kemnaker bekerja sama dengan BPJAMSOSTEK, sebagai penyedia data pekerja untuk penyaluran BSU pada tahun ini.

"Jumlah data yang diserahkan hari ini mulai dari 1 juta calon penerima. Dari estimasi 8,7 juta pekerja yang akan menerima BSU. Angka ini dinamis sesuai ketentuan Kemnaker," jelas Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam konferensi pers virtual, Jumat (30/7).

Baca juga: Pemerintah akan Salurkan Bantuan Subsidi Upah untuk Dua Bulan

Adapun, kriteria penerima BSU tahun ini, yaitu WNI dibuktikan dengan NIK, batas maksimal upah pekerja Rp3,5 juta, atau jika upah minimum setempat lebih tinggi, mengacu pada upah minimum yang berlaku. Sementara, untuk masa kepesertaan aktif BPJAMSOSTEK ditentukan hingga Juni 2021.

Untuk rekening bank yang bisa menerima BSU ialah menggunakan Bank Himbara, yakni Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BTN. "Besaran BSU tahun ini sebesar Rp500 ribu per bulan. Ini diberikan langsung selama 2 bulan. Jadi, diberikan sekaligus Rp1 juta kepada buruh yang memenuhi persyaratan," imbuh Ida.

Bacau juga: Presiden Gulirkan Bantuan Produktif Usaha Mikro Rp15,3 Triliun

Dalam siaran pers, BPJAMSOSTEK menyebut penyerahan data BSU dilakukan secara bertahap kepada Kemnaker, sebagai pelaksana teknis BSU. Hal ini untuk memastikan penyaluran bantuan tepat sasaran, sekaligus meminimalkan terjadinya kesalahan distribusi BSU.

"Hari (30/7) ini, BPJAMSOSTEK menyampaikan 1 juta data peserta tahap pertama, yang siap untuk disalurkan dana BSU oleh Kemnaker. Kami harapkan proses penyampaian data dapat selesai pada Agustus 2021," papar Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo.(OL-11)

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta.

DPR Setujui Anggaran Tahun Depan BNPB Rp1,127 Triliun

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 20 September 2021, 20:17 WIB
Sebanyak Rp331 miliar akan digunakan untuk program...
Dok.PJB

Komit Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan, PJB Raih 16 Penghargaan ISDA 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 20 September 2021, 19:53 WIB
Enam belas penghargaan bagi PJB dalam ISDA 2021 terdiri dari 3 penghargaan pada kategori korporasi dan 11 penghargaan pada kategori...
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Penurunan Kasus Covid-19, Mendorong Tren Penguatan Rupiah

👤Fetry Wuryasti 🕔Senin 20 September 2021, 17:56 WIB
Adanya kenaikan arus modal masuk menyiratkan kepercayaan investor mulai naik, setelah bencana gelombang kedua Covid-19 yang mencatatkan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bendungan Rakyat

\PEMERINTAH berkomitmen meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Tanah Air.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya