Selasa 11 Mei 2021, 18:09 WIB

Jelang Lebaran, Kemnaker Terima 1.586 Pengaduan Soal THR

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Jelang Lebaran, Kemnaker Terima 1.586 Pengaduan Soal THR

Antara
Ilustrasi pekerja menunjukkan uang THR yang diterimanya.

 

KEMENTERIAN Ketenagakerjaan (Kemnaker) mencatat 2.278 laporan hingga 10 Mei 2021, yang mencakup 692 konsultasi Tunjangan Hari Raya (THR) dan 1.586 pengaduan THR. 

Angka tersebut berasal dari laporan Posko THR Keagamaan 2021 Kemnaker. Topik konsultasi yang dilaporkan masyarakat ke Posko THR 2021 menyangkut lima hal. Pertama, THR bagi pekerja yang masa kerjanya selesai. Kedua, THR bagi pekerja yang mengalami PHK.

"Ketiga, THR bagi pekerja yang mengundurkan diri (resign). Lalu keempat, THR bagi pekerja kemitraan. Kelima, THR bagi pekerja yang dirumahkan," jelas Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat dihubungi, Selasa (11/5).

Baca juga: Menaker Ida Serukan Sanksi Tegas bagi Pelanggar Aturan Bayar THR

Beberapa topik pengaduan yang masuk ke Posko THR 2021, yaitu THR dibayar dicicil oleh perusahaan dan THR dibayarkan 50%. Lalu, THR dibayar tidak penuh karena ada pemotongan gaji, THR tidak dibayarkan 1 bulan gaji, atau THR tidak dibayar karena pandemi covid-19.

Atas berbagai pengaduan tersebut, lanjut Ida, Kemnaker telah mengambil empat langkah. Pertama, verifikasi data internal, kordinasi dengan disnaker daerah, menurunkan tim pengawas, proses dialog dan kesepakatan penyelesaian.

Baca juga: ESDM Pastikan Pasokan Listrik Aman Saat Lebaran

"Semoga upaya yang kita lakukan akan semakin memastikan para pekerja/buruh bisa merayakan Lebaran dengan khidmat. Tentunya selalu berpedoman pada protokol kesehatan," papar Ida.

Menurutnya, pembayaran THR pada tahun ini berjalan sesuai harapan pemerintah. Dalam hal ini, perusahaan membayarkan THR kepada pekerja/buruh sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Hal tersebut dapat terlihat dari berbagai laporan yang masuk. Pemerintah juga terus memantau pelaksanaan pembayaran THR melalui Posko THR Keagamaan, baik di tingkat pusat maupun daerah," tandasnya.(OL-11)
 

 

 

 

Baca Juga

Antara

KKP Klaim Telah Selamatkan 3,3 Juta Benur Senilai Rp138,4 M

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 25 Juni 2021, 03:00 WIB
KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan sejak 27 November 2020 sampai dengan 12 Juni 2021 telah menyelematkan 3,3 juta lebih benih bening...
MI/Sumaryanto Bronto

Industri Halal Berpeluang Picu Pemulihan Ekonomi Nasional

👤Ghani NUrcahyadi 🕔Jumat 25 Juni 2021, 00:36 WIB
Deputi Direktur Departemen Ekonomi & Keuangan Syariah Bank Indonesia Diana Yumanita mengemukakan, saat ini posisi Indonesia sudah masuk...
Antara

Pembangunan Pelabuhan Anggrek di Gorontalo Dimulai Tahun Ini

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 24 Juni 2021, 23:17 WIB
Pembangunan Pelabuhan Anggrek akan dilakukan dua tahap dengan nilai investasi sekitar Rp1,4...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Talenta Muda Curi Perhatian

PIALA Eropa 2020 dipastikan telah menjadi ajang kemunculan pemain-pemain muda yang punya kemampuan mengejutkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya