Senin 05 April 2021, 19:49 WIB

Didukung Inpres, Elemen Pemerintah Wajib Dukung BPJAMSOSTEK

mediaindonesia.com | Ekonomi
Didukung Inpres, Elemen Pemerintah Wajib Dukung BPJAMSOSTEK

Ist
Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo.

 

PRESIDEN RI Joko Widodo, telah mengesahkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek).

Dengan Inpres No 2 tahun 2021, implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kembali mendapat amunisi baru.

Inpres 2/2021 ini ditujukan kepada seluruh elemen pemerintahan, yakni 19 menteri, Jaksa Agung, 3 kepala badan termasuk Ketua DJSN (Dewan Jaminan Sosial Nasional) tingkat pusat, 34 gubernur, 416 bupati dan 98 wali kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Presiden Jokowi menginstruksikan agar semua pihak mengambil langkah yang diperlukan sesuai tugas dan wewenang masing-masing dalam mendukung implementasi program JAMSOSTEK seperti membuat regulasi pendukung termasuk pengalokasian anggaran masing-masing.

Dalam inpres tersebut presiden menegaskan bahwa seluruh pekerja penerima upah, bukan penerima upah, pekerja migran Indonesia, serta pegawai pemerintah non-aparatur sipil negara (non-ASN) dan penyelenggara pemilu harus didaftarkan menjadi peserta BPJAMSOSTEK.

Sedangkan upaya penegakan kepatuhan kepada badan usaha atau pemberi kerja, termasuk menjatuhkan sanksi jika ada yang terbukti tidak patuh dalam mengimplementasikan program Jamsostek menjadi tugas Jaksa Agung yang juga termasuk sebagai pelaksana Inpres 2/2021 tersebut.

Presiden Jokowi secara khusus juga meminta Menko PMK untuk memberikan laporan pelaksanaan inpres secara berkala setiap 6 bulan.

Sementara itu, Direktur Utama BPJAMSOSTEK, Anggoro Eko Cahyo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Presiden Joko Widodo serta menyambut baik Inpres ini serta akan memastikan seluruh jajarannya untuk berkoordinasi secara proaktif juga berkolaborasi dengan seluruh kementerian/lembaga dan pimpinan daerah serta Kejaksaan Agung untuk mengawal implementasinya.

BPJAMSOSTEK segera bergerak mempersiapkan sistem administrasi, prasarana dan sarana yang dibutuhkan serta seluruh personel BPJAMSOSTEK untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dengan stakeholder di seluruh Indonesia

“Ini pekerjaan besar bagi kita semua. Kami juga memastikan telah menyelesaikan semua pekerjaan rumah kami, seperti meningkatkan  pelayanan dengan mengedepankan digitalisasi. Juga terus memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat, termasuk di dalamnya stakeholder pemerintahan," tegasnya.

Anggoro menambahkan bahwa sosialisasi masif dipandang perlu karena pengetahuan mengenai Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan BPJAMSOSTEK sebagai lembaga penyelenggaranya harus terus dijaga konsistensinya.

“Semoga dengan adanya Inpres ini dapat menjadi titik terang perkembangan jaminan sosial ketenagakerjaan yang menyeluruh dan merata bagi seluruh pekerja Indonesia dalam mencapai kesejahteraan,” pungkas Anggoro.

Hal senada juga disampaikan Asisten Deputi Wilayah Bidang Kepesertaan Sony Suharsono selaku Pps. Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah DKI Jakarta.

Menurut Sony Suharsono, pihaknya akan segera lakukan koordinasi dan kolaborasi dengan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya percepatan dan perluasan kepesertaan serta bekerja sama dengan pihak Kejaksaan Agung dalam upaya meningkatkan kepatuhan terhadap pelaksanaan program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Mudah-mudahan dengan adanya Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 ini seluruh pekerja Indonesia bisa hidup bahagia dan sejahtera karena seluruhnya sudah terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan (JAMSOSTEK)," ujar Sony. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok. CNI

Bisnis Suplemen Kesehatan Jadi Peluang Menarik bagi Milenal di Masa Pandemi

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 22:59 WIB
Salah satu bisnis yang bisa digeluti generasi milenial dan relevan dengan kondisi pandemi ialah dengan menjual suplemen yang memperkuat...
Dok pribadi

Milenial kian Jadi Target Pasar Properti

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 22:05 WIB
Untuk milenial yang baru pertama membeli properti, jangan diberikan properti harga miliaran pada tahap...
DOK Pribadi.

Peluang Bisnis Membuat Figur Sendiri

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 21:36 WIB
Pembuatan The Menimizer yang tersusun dari 17 tiang dengan total 119 kamera dan dapat diinstalasi pada ruangan berukuran 3x3 meter...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya