Jumat 05 Maret 2021, 03:15 WIB

Erick Thohir Beberkan Alasan Penunjukan Said Aqil Jadi Komut KAI

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Erick Thohir Beberkan Alasan Penunjukan Said Aqil Jadi Komut KAI

Antara/Muhammad Adimaja.
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj.

 

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membeberkan alasan dirinya menunjuk Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj sebagai Komisaris Utama (Komut) merangkap Komisaris Independen PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Erick mengatakan, figur Said Aqil diyakini dapat diterima banyak pihak dan dipercaya menangani isu sosial. Menurutnya, isu pembangunan terkait dengan isu sosial yang berada di tengah masyarakat Tanah Air.

"Pak Said Aqil saya rasa figur yang bisa diterima sehingga pembangunan seperti LRT, sinkronisasi kereta Jakarta-Bandung, sinkronisasi kereta api dengan MRT, isu sosialnya ini bisa dilakukan," kata Erick di Jakarta, Kamis (4/3).

Dalam menjalankan roda bisnis KAI, Erick menyebut, Said Aqil akan ditemani dengan sosok komisaris lain yang dianggap memiliki pengalaman luas dalam bidang yang bermacam-macam. "Pak Said Aqil juga didampingi juga komisaris yang punya track record yang baik di bidang lain," ucap Erick.

Erick pun menyamakan pengangkatan Said Aqil seperti pengangkatan Chandra Hamzah di Bank Tabungan Negara (BTN) yang memiliki background yang berbeda. Chandra diketahui memiliki rekam jejak sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2007-2011.

"Kita bisa melihat figur beliau untuk menangani kasus korupsi karena memang BTN (sempat) ada kasus korupsi. Jadi masing-masing komut punya (latar belakang) beda-beda," pungkas Erick

Diketahui, pengangkatan Said Aqil sebagai Komut KAI berdasarkan salinan Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-64/MBU/03/2021. Ketum PBNU itu menggantikan posisi Jusman Syafii Djamal. Adapun susunan Dewan Komisaris KAI menjadi Said Agiel Siradj, Pungky Sumadi, Cris Kuntadi, Freddy Harris, Riza Primadi, Rochadi, Diah Natalisa, dan Chairul Anwar. (OL-14)

Baca Juga

AFP

BI Tak Gegabah Terbitkan Mata Uang Digital

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 14 April 2021, 14:32 WIB
BANK Indonesia ogah terburu-buru menerbitkan mata uang digital untuk diedarkan kepada...
DOK Lalamove Indonesia

Tren Pengiriman Barang Lebaran Tahun Ini Naik 100 Persen

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 13:02 WIB
Menurut Ketua Asperindo, Ardito Soepomo memprediksi jasa pengiriman barang akan melonjak 100 persen selama Ramadan dan Idul...
Ist/Kementan

Pertanian Keluarga Dukung Peningkatan Ketahanan Pangan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 12:59 WIB
Pertanian Keluarga (PK) yang dibangun Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian mempunyai nilai strategis dalam mambangun...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya