Kamis 04 Maret 2021, 23:10 WIB

Kemenaker akan Perkuat Kompetensi dan Kewirausahaan Pekerja

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Kemenaker akan Perkuat Kompetensi dan Kewirausahaan Pekerja

Antara/Oky Lukmansyah
Warga melihat perlatan otomotif di salah satu Balai Latihan Kerja di Tegal, Jawa Tengah

 

UNTUK mempercepat pemulihan ekonomi, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan melanjutkan sejumlah program, diantaranya Kartu Pra Kerja, Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro, Program Padat Karya di berbagai kementerian dan lembaga di tahun ini.

Namun menurut pengakuan Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi, untuk program padat karya sendiri, pihaknya tidak memfokuskan secara mendalam. 

"Untuk program padat karya tidak terlalu besar, karena prioritas yang kita laksanakan adalah peningkatan kompetensi dan juga penguatan kewirausahaan," kata Anwar kepada Media Indonesia, Kamis (4/3).

Pihaknya juga bakal fokus pada pembinaan penempatan dan perlindungan kerja. Disatu sisi, Anwar menambahkan, Kemenaker akan bersinergi dengan kementerian/lembaga lain untuk mengoptimalkan program padat karya tersebut. 

"Meski demikian, kami akan berkoordinasi dengan Kementerian Desa, Kementerian PUPR dan lainnya untuk program padat karya kedepannya," jelasnya.

Baca juga : Bagi yang Ingin Berbisnis Saat Pensiun, Perhatikan Hal Berikut Ini

Sebelumnya, Menteri Ketenagkaerjaan Ida Fauziyah menegaskan, pihaknya bakal terus mengoptimalkan pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai salah satu cara menekan angka pengangguran. 

Badan Pusat Statistik atau BPS pada (15/1) lalu mencatat, 2,56 juta penduduk menjadi pengangguran imbas pandemi covid-19.

“Kemenaker akan terus melakukan peningkatan kompetensi melalui berbagai kegiatan yang ada di Balai Latihan Kerja (BLK) pemerintah pusat maupun daerah. Kami juga akan terus melakukan berbagai kegiatan perluasan kesempatan kerja,” kata Ida pada (17/2).

Ida menjelaskan, program pelatihan melalui di BLK tidak hanya untuk menyelesaikan masalah klasik ketenagakerjaan seperti daya saing dan produktivitas. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Fikri Yusuf

Mudik Dilarang, Prokes Ketat di Tempat Wisata Lokal Disiapkan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 12 April 2021, 23:04 WIB
"Destinasi lokal akan mendapat limpahan kunjungan. Dengan prokes ketat dan disiplin mereka akan mempertimbangkan destinasi wisata...
Dok. KKP

KKP Tangkap 5 Kapal Ilegal Berbendera Vietnam yang Incar CumiĀ 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 12 April 2021, 23:01 WIB
Direktur Pemantauan dan Operasi Armada KKP Pung Nugroho Saksono menyampaikan, alat tangkap yang digunakan kelima kapal tersebut berupa...
Antara/Muhammad bagus Khoirunnas

Diseminasi Fakta Objektif Kelapa Sawit, BPBPKS Jalin Kolaborasi

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 12 April 2021, 22:07 WIB
Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggandeng Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) untuk mendiseminasikan fakta...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya