Rabu 03 Maret 2021, 09:13 WIB

Penguatan Ketahanan Pangan Lewat Budidaya Tanaman Hortikultura

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Penguatan Ketahanan Pangan Lewat Budidaya Tanaman Hortikultura

Dok KLHK
 Herman Siswanto, salah satu petani Hortikultura binaan PT Arara Abadi sukses mengembangkan hortikultura

 

DI tengah pandemi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) memberikan bimbingan dan pelatihan kepada para petani untuk memberikan bekal tekniks budidaya/produksi tanaman hrotikultura, pengemasan dan pemasaran sehingga masyarakat dapat melakukan wirausaha, Selasa (2/3).

Kasubdit Rencana Kerja Usaha Dan Produksi Hutan Tanaman, Ditjen Pengelolaan Hutan Produksi Lestari KLHK, Hendro Wijanarko memaparkan bimtek pengembangan hortikultura ini sangat penting dalam meningkatkan kapasitas petani mitra IUPHH untuk berkompetisi memenangkan penetrasi pasar.

"Saya yakin penerapan Agroforestri untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan dengan pengembangan hortikultura akan lebih meningkatkan kesejahteraan petani mitra dan produktivitas hutan," jelas Hendro. 

Ia juga menegaskan pentingnya kolaborasi  berbagai pemangku kepentingan untuk secara kolektif dan intensif membangun hutan.  

PT Arara Abadi yang merupakan unit usaha APP Sinar Mas juga mendukung program e-learning Pengembangan Hortikultura yang diinisiasi oleh pemerintah.  Herman Siswanto, salah satu petani Hortikultura binaan PT Arara Abadi menjelaskan bahwa pendapatan bersih yang diterimanya semakin bertambah setelah ikut program DMPA.  

"Saya bisa menghasilkan pendapatan bersih per bulan antara Rp. 17–18 juta dengan luasan 2.5 ha. Petani peserta Program DMPA diberikan pendampingan dan bimbingan terkait budidaya hortikultura, pemasaran serta bantuan pembuatan jalan angkutan hasil produksi," ujar Herman.

Herman menambahkan pengembangan hortikultura harus dilakukan secara bertanggung jawab dan berkelanjutan untuk menjaga lingkungan hutan termasuk penerapan Pembukaan Lahan Tanpa bakar (PLTB) merupakan suatu keharusan.

baca juga: Prof Hermanto : Kementan dan Petani Sukses Jaga Produksi Padi 

Sementara itu, Heru Wardhana Perwakilan dari Martha Tilaar mengapresiasi inisiatif program Pelatihan Hortikultura yang melibatkan pemerintah, masyarakat dan pelaku usaha. 

"Indonesia negeri yang kaya akan sumber daya alam (SDA), yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk menggerakan roda perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan bersama. Inisiatif ini sangat bagus dan perlu ditularkan kepada masyarakat desa lainnya.  Kolaborasi dan sinergi menjadi kata kunci keberhasilan program ini," imbuhnya. (OL-3)

Baca Juga

DOK POS INDONESIA

Pos Indonesia Berbagi Jutaan Takjil Gratis pada POSweet Ramadan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 15 April 2021, 05:00 WIB
PT Pos juga akan memberikan undian gratis berhadiah 15 paket umrah bagi pelanggan yang bertransaksi pada 20 April-31 Mei...
Dok BKPM

Perubahan BKPM Jadi Kementerian Sudah Terprediksi

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Kamis 15 April 2021, 03:25 WIB
PERUBAHAN nomenklatur Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menjadi Kementerian Investasi bukan hal yang...
Dok Pelni

Muatan Kapal Penumpang Pelni Tumbuh Jadi 106% di Triwulan I 2021

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 14 April 2021, 23:39 WIB
Selain itu, Pelni juga mencatatkan pertumbuhan pada muatan kontainer kapal tol laut perusahaan yang tumbuh signifikan menjadi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya