Kamis 11 Februari 2021, 20:45 WIB

Impor Baja Turun, Krakatau Steel Genjot Pangsa Pasar

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Impor Baja Turun, Krakatau Steel Genjot Pangsa Pasar

ANTARA
Ilustrasi

 

UPAYA pengendalian impor yang dilakukan Pemerintah telah membuahkan hasil positif. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, impor besi dan baja pada 2020 mengalami penurunan sebesar 36% menjadi 4,47 juta ton dibandingkan dengan tahun 2019 sebesar 6,96 juta ton.

Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim yang juga menjabat Chairman Asosiasi Industri Besi dan Baja Indonesia/The Indonesian Iron and Steel Industry Association (IISIA) menyatakan, produsen besi dan baja nasional mengapresiasi Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian terkait kebijakan pengendalian impor baja sehingga impor baja dapat menurun.

Silmy menyatakan bahwa penurunan impor besi dan baja pada 2020 berdampak signifikan terhadap peningkatan kinerja serta utilisasi industri. Pangsa pasar produk utama Krakatau Steel sendiri yaitu Hot Rolled Coil (HRC) dan Cold Rolled Coil (CRC) mengalami peningkatan masing-masing dari 35% dan 14% di tahun 2019 menjadi sebesar 45% dan 21% pada 2020.

"Peningkatan pangsa pasar Krakatau Steel pada 2020, selain didukung peran pengendalian impor oleh Pemerintah, juga karena Krakatau Steel saat ini lebih berdaya saing dengan berhasil menurunkan biaya operasionalnya”, ujar Silmy, Kamis (11/2).

Inisiatif efisiensi yang Krakatau Steel lakukan berhasil menurunkan biaya operasional sebesar 41% dari USD337,5 juta pada tahun 2019 menjadi USD198 juta di tahun 2020 yang mendorong meningkatnya competitiveness Krakatau Steel di pasar baja domestik.

“Penurunan impor besi dan baja di tahun 2020 ini merupakan angin segar bagi industri baja dalam negeri. Hal ini dapat terus berlanjut di tahun 2021 agar upaya peningkatan utilisasi industri besi dan baja nasional dapat segera terwujud. Kerja sama yang baik antara Pemerintah dengan industri diharapkan terus meningkat sehingga ikut menopang pembangunan ekonomi Indonesia”, tutup Silmy. (OL-15)

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Green Office Park 1 Menjadi Tuan Rumah GBC Ideas 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 09:40 WIB
GBC Ideas merupakan kegiatan tahunan yang diadakan GBC Indonesia untuk kompetisi inovasi dan terobosan baru dalam pembangunan green...
DOK Nucleus Farma.

Permintaan Jamu Meningkat di tengah Kendala Bahan Baku

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 09:35 WIB
Perlu ada upaya pengelolaan yang baik dalam penyediaan bahan baku jamu di...
Dok.Pluang

Kolaborasi Pluan dan Tokopedia Hadirkan Peluang Cuan di Investasi Emas

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 09:30 WIB
Kehadiran produk emas yang didukung Pluang di Tokopedia dapat mencetak banyak investor baru serta meningkatkan inklusi keuangan di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya