Rabu 10 Februari 2021, 13:25 WIB

5 Cara agar Milenial Bisa Punya Rumah Impian

mediaindonesia.com | Ekonomi
5 Cara agar Milenial Bisa Punya Rumah Impian

ANTARA/DHEDEZ ANGGARA
Warga berdiri di lokasi pembangunan perumahan bersubsidi di Indramayu, Jawa Barat, Jumat (5/2).

 

SETIAP tahun harga rumah selalu meningkat, ini membuat generasi milenial mudah pesimistis dalam meraih impiannya untuk memiliki hunian atau properti sendiri. Milenial disebut pesimistis bisa membeli rumah karena harga tanah yang semakin tinggi, mahalnya bunga kredit pemilikan rumah (KPR), serta sulitnya mencari pekerjaan dengan gaji layak.

Kenyataan ini mungkin benar adanya, tapi bukan berarti harapan milenial untuk memiliki hunian jadi kandas. CEO PT DMS Propertindo Moh Prapanca memberikan sejumlah tips yang bisa diterapkan milenial agar bisa memiliki rumah atau properti impian mereka.
    
Menabung Autodebit untuk DP Rumah
Ini merupakan tips pertama yang mungkin sudah sering didengar. Menurut berbagai sumber, kesulitan utama milenial umumnya membayar uang muka sebagai syarat KPR. Sementara saat ini hampir tidak mungkin beli rumah tanpa bantuan kredit dari bank. Karenanya, mengumpulkan uang muka harus jadi prioritas utama.

Langkah paling mudah mengumpulkan down payment (DP) adalah dengan melakukan autodebit penghasilan bulanan. Jadi, saat pertama kali terima gaji sisihkan uangnya secara otomatis pada tabungan khusus DP. Jangan tunda menabung di akhir bulan saat sisa gaji hanya tinggal sedikit karena itu hanya akan menyulitkan Anda.


Baca juga: Pengembang Sambut Gairah Pasar Properti dengan Proyek Baru


Menabung Dalam Bentuk Deposito atau Tabungan Emas
Ingin dana tabungan rumah Anda lebih secure, menabung di rekening deposito atau menabung dalam bentuk tabungan emas bisa jadi pilihan. Dengan tabungan emas atau deposito, Anda bisa lebih disiplin saat menabung. Uang terasa lebih aman karena tidak bisa ditarik sewaktu-waktu. Saat ini ada banyak produk perbankan seperti deposito berjangka, deposito online dengan jangka waktu fleksibel mulai dari 3, 6, 12, hingga 24 bulan. Anda bisa pilih sendiri jangka waktu sesuai dengan target waktu yang diinginkan.

Cari DP Rumah yang Bisa Dicicil
Nilai DP rumah saat ini bisa dibilang cukup tinggi, disarankan Anda memilih rumah dengan DP yang bisa dicicil. Persaingan harga properti di pasar membuat banyak developer memberikan iming-iming promo seperti DP dicicil dalam jangka waktu tertentu. Program DP cicilan ini bisa membantu Anda yang memiliki dana terbatas.

Beli Rumah Sesuai Kebutuhan
Setelah fokus mengumpulkan uang untuk DP, tips selanjutnya adalah memilih properti yang sesuai dengan kebutuhan. Bila Anda berstatus single, bisa memilih rumah minimalis tipe 21 atau 36. Sedangkan Anda yang berstatus keluarga kecil bisa beli rumah tipe 45  atau 60 dengan jumlah kamar lebih banyak dan area yang lebih luas. Perlu diingat bahwa rumah dengan kawasan strategis berukuran besar biasanya hadir dengan harga cukup tinggi.

Pilih Tenor dengan KPR Paling Panjang
Selesai mempertimbangkan DP, serta ukuran rumah, selanjutnya Anda harus mempertimbangkan tenor KPR yang diajukan. Jika memungkinkan, pilih rumah yang memiliki tenor KPR paling panjang. Dengan tenor KPR panjang, cicilan bulanan rumah Anda jauh lebih rendah. Hal ini bisa membantu menjaga kseimbangan cash flow finansial bulanan tetap stabil. Anda harus benar-benar menghitung dengan cermat besarnya cicilan yang harus dibayar. Jangan sampai jumlah cicilan lebih besar atau setara dengan penghasilan bulanan Anda. Jumlah maksimal nominal cicilan KPR setidaknya 30% dari gaji bulanan. (RO/S-2)

 

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta

Cegah Klaster Perkantoran, Kebijakan WFH Perlu Diperluas

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 16 Mei 2021, 22:30 WIB
"Kebijakan itu merupakan antisipasi klaster perkantoran akibat dari libur lebaran dan tidak ditutupnya tempat...
Antara

KLHK Pilih 21 Nominator Penerima Penghargaan Kalpataru 2021

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 16 Mei 2021, 16:23 WIB
Penghargaan kalpataru memiliki 4 kategori, yaitu Perintis Lingkungan, Pengabdi Lingkungan, Penyelamat Lingungan dan Pembina...
Antara

H+1 Lebaran, 95.477 Kendaraan Masuk ke Jakarta

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 16 Mei 2021, 14:02 WIB
Jumlah itu mengalami penurunan hingga 25,5% dari lalu lintas normal yang mencapai 128.126...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya