Jumat 05 Februari 2021, 22:39 WIB

Dorong Ketahanan Pangan, Sarana Jaya Bentuk Urban Farming

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Dorong Ketahanan Pangan, Sarana Jaya Bentuk Urban Farming

Dok. Sarana Jaya
Urban farming Sarana Jaya

 

ISU ketahanan pangan menjadi salah satu isu penting di tengah pandemi Covid-19. Untuk memastikan ketahanan pangan terjamin, Badan Usaha Mlik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, Perumda Pembangunan Sarana Jaya membuat urban farming di Nuansa Pondik Kelapa, Jakarta Timur. 

Urban Farming itu sekaligus untuk menjamin kebutuhan pangan warga sekitar dan menciptakan potensi usaha bagi warga Nuansa Pondok Kelapa. 

Direktur Utama Sarana Jaya, Yoory C. Pinontoan mengatakan, kegiatan itu merupakan wujud nyata kepeduliaan pihaknya untuk masyarakat yang membutuhkan di tengah pandemi Covid-19. 

"Saya berharap lokasi Urban Farming ini dapat dijaga dan dipelihara dengan baik oleh kelompok tani atau warga masyarakat yang ditunjuk untuk mengelola," katanya dalam keterangan tertulis.

Baca juga : Kementan Bersyukur Sektor Pertanian Tetap Berkontribusi Positif

Adapun pemilihan lokasi di dalam area Proyek Nuansa Pondok Kelapa Hunian DP 0 Rupiah, yakni dengan memanfaatkan area yang saat ini belum dikembangkan selain juga mendekatkan dengan warga yang telah menghuni hunian DP 0 Rupiah Pondok Kelapa.

Kelompok Tani dan warga masyarakat nantinya akan dibekali pengetahuan tentang bercocok tanam dan mengelola hasil Urban Farming. Saat ini terdapat beberapa jenis sayuran yang ditanam seperti Sawi, Selada, Kangkung, Caisim dan Pakcoy. 

Panen perdana di Nuansa Pondok Kelapa dilakukan serentak di 65 Kelurahan di Jakarta Timur secara virtual bersama Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Jakarta Timur pada Jumat (5/2). Panen serentak ini adalah salah satu bentuk kegiatan Kolaborasi antara Perumda Pembangunan Sarana Jaya bersama Pemkot Jakarta Timur. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara

Ridwan Kamil Akui Kompor Listrik Bebani Masyarakat

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:59 WIB
Menurutnya, program konversi gas elpiji 3 kilogram ke kompor listrik akan berjalan lancar jika ada penggunaan teknologi yang...
Dok.Sunlife

Sun Life Indonesia dan CIMB Niaga Hadirkan Sun Proteksi Jiwa

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:07 WIB
Hanya 37% masyarakat Indonesia yang memiliki tabungan untuk hidup lebih dari 6 bulan ke...
MI/ Dwi Apriani

Penjelasan PLN Soal Aliran Listrik Putus Saat Cuaca Ekstrem

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 03 Oktober 2022, 21:59 WIB
Salah satunya karena gardu listrik terendam air akibat intensitas hujan tinggi. Tak jarang, gardu listrik juga ikut terendam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya