Jumat 05 Februari 2021, 15:55 WIB

Ditutup Melemah Hari ini, Rupiah Menguat Dibandingkan Pekan Lalu

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Ditutup Melemah Hari ini, Rupiah Menguat Dibandingkan Pekan Lalu

Antara/Fakhri Hermansyah.
Karyawan menunjukkan uang dolar AS di tempat penukaran valuta asing, Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

BANK Indonesia (BI) menyampaikan perkembangan indikator stabilitas nilai tukar rupiah periode 1-5 Ferbuari 2021 yang ditutup pada level (bid) 14.030 per dolar AS atau melemah 0,11%. Meskipun demikian, angka ini menguat bila dibandingkan pekan lalu, periode 25-29 Januari 2021, pada level (bid) 14.035 per dolar AS.

Pada Jumat (5/2) rupiah dibuka pada level (bid) 14.010 per dolar AS. Imbal hasil/yield SBN (Surat Berharga Negara) 10 tahun stabil membaik ke level 6,13%.

Inflasi berada pada level yang rendah dan terkendali. Berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu I Februari 2021, perkembangan harga pada Februari 2021 diperkirakan inflasi sebesar 0,01% (mtm).

"Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi Februari 2021 secara tahun kalender sebesar 0,25% (ytd), dan secara tahunan sebesar 1,26% (yoy)," ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dilansir dari keterangan resmi, Jumat (5/2).

Penyumbang utama deflasi yaitu telur ayam ras sebesar -0,05% (mtm), daging ayam ras sebesar -0,03% (mtm), bawang merah, tomat, air kemasan, dan emas perhiasan masing-masing sebesar -0,01% (mtm).

Komoditas yang menyumbang inflasi pada periode laporan berasal dari komoditas daging sapi, cabai merah, dan cabai rawit masing-masing sebesar 0,01% (mtm).

"Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu, serta langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Presiden Dorong BUMN Gerak Cepat dan Adaptif

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 15:36 WIB
Presiden menekankan perlunya respons cepat untuk menghadapi era revolusi industri 4.0, disrupsi teknologi, dan pandemi...
Antara/Muhamamd Iqbal

SWI Duga Ada Motif Pencucian Uang Lewat Pinjol Ilegal

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 15:18 WIB
Modus-modus penarikan utang dilakukan dengan mekanisme penistaan ataupun teror secara daring kepada...
ANTARA

Kementan Peduli Serap Telur Peternak Rakyat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 14:12 WIB
Para pegawai di lingkup Ditjen PKH Kementan khususnya dan lingkup Kementan umumnya, diimbau agar sering membeli telur dari peternak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya