Senin 25 Januari 2021, 17:22 WIB

Komunitas TDA Mengedukasi Masyarakat Seputar Bisnis

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Komunitas TDA Mengedukasi Masyarakat Seputar Bisnis

Dok Komunitas Tangan di Atas
Persta Wirausaha Virtual dalam rangka ulang tahun Komunitas Tangan Di Atas (TDA) yang ke-15.

 

Dalam rangka ulang tahun Komunitas Tangan Di Atas (TDA) yang ke-15, digelarlah acara rutin tahunannya yaitu Pesta Wirausaha. Namun kali ini Pesta Wirausaha digelar secara daring melalui laman pestawirausaha.id dan namanya menjadi Pesta Wirausaha Virtual.

Lebih dari 500 orang dari seluruh Indonesia hadiri Pesta Wirausaha Virtual 2021 yang diselenggarakan oleh TDA pada 22 hingga 23 Januari 2021 silam.

“Brand hari ini di media sosial harus berbuat, tidak hanya menancapkan awareness tapi juga memberi kebaikan atau menjadi bermanfaat bagi publik. Lebih daripada bikin makanan yang mengenyangkan, tapi juga harus bisa memberikan kontribusi terhadap masyarakat,” kata Handoko Hendroyono (aktivis brand) melalui siaran pers yang diterima Media Indonesia, Senin (25/1).

TDA dengan tagline-nya #KolaborAksiUntukNegeri berkolaborasi dengan lebih dari 30 pihak untuk mengisi rangkaian Pesta Wirausaha Virtual 2021 dan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai dunia seputar bisnis.

Dengan mengedukasi masyarakat Indonesia seputar dunia bisnis, TDA dengan Pesta Wirausaha juga berharap untuk menguatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, terutama di era setelah pandemi.

“Entrepreneur di Indonesia masih dibawah 3% dari total populasi, angka yang masih sangat kecil sebetulnya,” ujar Dr. Jacky Mussry (Presiden ICSB) dalam segmen Panggung Inspirasi.

“Perempuan, terutama Ibu-ibu yang memakan lebih dari setengah populasi di dunia termasuk Indonesia, dan sekitar 34% small enterprises dimiliki oleh Ibu-ibu. Dengan demikian kalau Ibu-ibu ini dikuatkan secara entrepreneurial dan professional, komunitas woman entrepreneur akan lebih kuat. Kalau woman entrepreneur lebih kuat, maka SME (small and medium-sized enterprises) lebih kuat, dan kalau SME lebih kuat, maka akan punya pengaruh signifikan terhadap economy growth dari negara kita.” tambahnya.

Panggung Inspirasi sebagai segmen utama menghadirkan 15 narasumber dan dibagi menjadi dua kategori yaitu Content Day dan Sales Channel Day. Pada segmen ini para peserta sebagai pelaku UMKM belajar berbagai hal mengenai bisnis dan bagaimana untuk bangkit di era setelah pandemi.

Pesta Wirausaha Virtual 2021 menyediakan dua akses bagi mereka yang ingin berpartisipasi, yakni akses berbayar dan free access, baik itu melalui aplikasi atau Web di virtual.pestawirausaha.id. Dibuka pada 22 Januari 2021 dengan Panggung Inspirasi kategori Content Day, tujuh narasumber membahas mengenai do good brand dan local pride serta serba serbi konten termasuk pemanfaatan TikTok untuk bisnis. Bersamaan dengan Panggung Inspirasi berlangsung juga TDA Talks di TDA Lounge yang diisi oleh pembicara-pembicara dari TDA.

Panggung Inspirasi juga hadir pada tanggal 23 Januari 2021 dengan kategori Sales Channel Day, membahas serba-serbi bisnis seperti Shopee, Marketplace dan Bisnis Online, Do’s and Don’ts Legal for Scale Up, Global Small Business Trend For 2021, dan masih banyak lagi.

“Kenapa saya ikut Pesta wirausaha? Karena acara nya memang selalu dikemas dengan spektakuler dan selalu banyak insight yang didapat baik dari narasumber, panita dan peserta nya untuk bisa di aplikasikan ke bisnis kita. Yang biasa nya ikutan offline kini bisa ikutan secara virtual karena menyesuaikan keadaan pandemi saat Ini Tapi tidak menjadikan sebuah alasan tidak ikut acara nya....” ujar @wahyucraft_official, salah satu pemenang Quiz yang diadakan di Instagram @pestawirausahatda.

Beberapa segmen Pesta Wirausaha Virtual, terutama TDA Talk dapat disaksikan kembali di TDA TV (YouTube).

Komunitas Tangan Di Atas (TDA) merupakan komunitas wirausaha terbesar di Indonesia dengan anggota sejumlah 20.000 member yang terdaftar dan tersebar di 95 kota di seluruh Indonesia, dan lima negara lain yaitu Malaysia, Singapura, Hongkong, Mesir, dan Australia. Melalui tagline-nya #KolaboraksiUntukNegeri, TDA menjalankan misinya untuk menjadi komunitas pengusaha terkemuka yang memiliki kontribusi positif bagi peradaban melalui program-program seperti Beli TDA, TDA Peduli, TDA Tanggap Corona, dan TDA TV. (RO/OL-12)

Baca Juga

dok.mi

Startup madeinindonesia Pacu Ekspor Produk Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Maret 2021, 19:11 WIB
PERUSAHAAN rintisan madeinindonesia.com berupaya memfasilitasi para pelaku UKM Indonesia agar mampu menembus pasar ekspor melalui akses...
Medcom.id.

Perusahaan Bir Jakarta Dukung Beleid Investasi Miras Dicabut

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 02 Maret 2021, 19:03 WIB
Selama pandemi ini industri minuman alkohol tertekan karena penjualan yang menurun...
DOK SHOPEEPAY

ShopeePay Luncurkan Program Semangat Usaha Lokal Dukung UKM

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Maret 2021, 18:45 WIB
Hadirkan cashback hingga 60% untuk berdayakan UKM dan pacu peningkatan dan pemerataan inklusi keuangan di berbagai kota di Tanah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya