Rabu 23 Desember 2020, 19:14 WIB

Jalur Ganda Kereta Api Cirebon-Surabaya Rampung 2024

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Jalur Ganda Kereta Api Cirebon-Surabaya Rampung 2024

ANTARA/Oky Lukmansyah
Kereta Api barang melintas di rel ganda saat uji coba jalur ganda di wilayah Stasiun Brebes, Jateng, Selasa (10/12).

 

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) menargetkan pembangunan jalur ganda atau double track kereta api (KA) Cirebon-Surabaya rampung pada 2024. Saat ini pembangunan jalur tersebut masih dikerjakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub bersama pihak lain.

"Pembangunan double track masih terus kami lakukan. Pada awal 2024 diharapkan selesai sepenuhnya dari Cirebon sampai Wonokromo, Surabaya," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri dalam Capaian Kinerja Kementerian Perhubungan Tahun 2020 dan Outlook Tahun 2021 secara virtual, Rabu (23/12).

Jalur double track itu memiliki panjang total sekitar 694 km yang terbentang mulai dari Cirebon-Prupuk-Purwokerto-Kroya-Gembong Kutoarjo-Yogyakarta-Solo-Kedung Banteng-Madiun-Jombang-Mojokerto-Wonokromo-Surabaya.

Pada Oktober lalu, jalur ganda kereta api (KA) lintas selatan Jawa dari Cirebon-Purwokerto-Kroya-Yogyakarta-Solo-Madiun-Jombang sepanjang 550 km telah tersambung. "Tahun ini pembangunan dari Purwokerto sampai ke Mojokerto sudah dioperasikan," jelas Zulfikri.

Untuk pembangunan jalur double track terakhir yang akan menghubungkan hingga Wonokromo dapat dioperasikan pada 2022. "Pembangunan ini cukup banyak persoalan termasuk pembebasan lahan karena banyak permukiman padat masyarakat," pungkas Zulfikri.

Sebelumnya, Kemenhub menjelaskan, pembangunan jalur ganda KA lintas selatan dapat meningkatkan mobilitas orang dan distribusi logistik serta mendukung program pemerintah terkait pengembangan destinasi prioritas, yakni Borobudur. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta

Soal Hilirisasi Industri, Bahlil : RI Tidak Mau Didikte dan Ditipu

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 24 Mei 2022, 21:13 WIB
Salah satu bentuk hilirisasi industri itu berupa pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik joint venture antara Hyundai-LG di Karawang,...
Ist

Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Halal Industry Event 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 21:05 WIB
Kolaborasi riset diperlukan untuk menciptakan nilai tambah produk-produk halal Indonesia agar masuk dan berjaya di pasar...
Dok. Pribadi

UNDP Dorong Milennial Berinvestasi Bijak untuk SDGs.

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 21:02 WIB
Tren investasi saat ini telah mencapai perubahan mendasar karena semua orang dapat memilih dan memutuskan instrumen mereka dengan cara yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya