Kamis 10 Desember 2020, 17:53 WIB

Pebisnis Batu Bara Bsia Dapat Insentif Besar, Ini Syaratnya

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pebisnis Batu Bara Bsia Dapat Insentif Besar, Ini Syaratnya

Antara/Makna Zaezar
Kapal tongkang membawa batu bara

 

MENTERI Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menuturkan, ada beragam insentif yang dibagikan bagi pebisnis baru bara yang melakukan hilirisasi. Salah satunya berupa pengenaan royalti sebesar nol persen.

Menurutnya, semakin banyak perusahaan yang melaksanakan hilirisasi komoditas mineral dan batu bara (minerba), maka semakin banyak produk-produk pertambangan yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

"Pemerintah memberikan insentif yang sebesar-besarnya bagi perusahaan yang melakukan hilirisasi mineral dan batu bara. Insentif baik fiskal maupun non fiskal diharapkan akan menarik para investor untuk dapat membangun infrastruktur hilirisasi di Indonesia," ujar Arifin dalam keterangannya, Kamis (10/12).

Diketahui, insentif tersebut diberikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 atau UU Minerba, serta UU Cipta Kerja. Insentif non-fiskal diberikan seperti, dalam bentuk kemudahan perizinan, yang nantinya bisa diperpanjang bagi hilirisasi batu bara yang terintegrasi. Sedangkan, insentif fiskal berupa pemberian royalti 0%. 

Baca juga : Wapres Dorong Inovasi dalam Merancang Produk Halal

Arifin menyebut, pihaknya tengah mendorong para stakeholder berinovasi dan menyusun strategi baru dalam pengelolaan pertambangan mineral dan batu bara yang sejalan dengan langkah-langkah pemulihan ekonomi yang dijalankan oleh Pemerintah.

Salah satu langkah, lanjutnya, untuk memulihkan ekonomi Indonesia di masa pandemi ini adalah dengan cara meningkatkan investasi pada subsektor pertambangan minerba.

Peningkatan investasi tersebut, kata Arifin, akan dilakukan melalui hilirisasi komoditas mineral dan batubara.

Selain itu dia juga menuturkan, peningkatan investasi mineral dan batu bara harus diimbangi dengan disusunnya kebijakan keselamatan dan lingkungan yang lebih ketat, seperti kewajiban melaksanakan reklamasi dan pascatambang dengan tingkat keberhasilan 100%. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Kemenparekraf Perkuat Rantai Pasok UMKM di Bali

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Senin 23 Mei 2022, 10:28 WIB
Kemenparekraf melakukan penguatan rantai pasok bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya bagi pelaku usaha mikro, kecil dan...
AFP/PRAKASH SINGH

Sumbang Devisa Rp5,9 T, Sandiaga Harapkan Ada Lonjakan Turis Timur Tengah

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 23 Mei 2022, 10:25 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengharapkan ada peningkatan jumlah turis asing yang berasal...
Dok.Dagangan

Dorong Pemerataan Ekonomi, Startup Dagangan Berikan Same Delivery bagi Masyarakat Pedesaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 10:13 WIB
layanan Same-Day Delivery ini telah dapat diakses langsung oleh masyarakat di wilayah Bandung, Cileungsi, Padalarang, Sleman dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya