Kamis 10 Desember 2020, 17:05 WIB

Kemenaker Jamin Transparansi Penyaluran Subsidi Upah

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Kemenaker Jamin Transparansi Penyaluran Subsidi Upah

Antara/Rahmad
`Guru Honorer menerima subsidi upah

 

KEMENTERIAN Ketenagakerjaan (Kemnaker) menjamin transparansi penyaluran bantuan subsidi upah/gaji (BSU). Hal itu dikarenakan adanya monitoring dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

"Menurut kami transparansi sudah dilakukan dan data tidak ada yang diotak-atik karena menganut data dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek. Selain itu, Penerima BSU pada termin I datanya selalu diunggah di sosial media Kemnaker setidaknya seminggu 2 kali postingan," kata Staf Khusus Kemnaker, Reza Hafiz saat acara virtual Sudah Sampai Mana Implementasi BSU Tahap 2, Kamis (10/12).

Karena data yang mengikuti dari BP Jamsostek maka penyaluran BSU pada termin II tidak ada pembaharuan data dan masih mengikuti termin I. Selain itu Kemnaker juga mengikuti regulasi kriteria yang dibatasi hingga Juni 2020.

Baca juga : ADB Ubah Proyeksi Ekonomi RI Jadi Minus 2,2% pada 2020

"Sehingga yang tidak terdaftar hingga bulan Juni maka tidak termasuk pada termin II, itulah kebijakan. Karena kita butuh banyak waktu untuk verifikasi bila ada pembaruan data pada termin II sehingga validitas datanya nanti bisa dipertanyakan," ungkapnya.

Pemerintah sendiri telah menyediakan berbagai paket bantuan kepada masyarakat yang terdampak langsung dari pandemi covid ini. seperti BLT dana desa, bantuan padat karya, dan lainnya.

Reza menjelaskan semua data penerima BSU berasal dari BP Jamsostek sehingga penerima BSU sudah pasti terdaftar di BP Jamsostek. Selain itu penerima BSU merupakan pekerja yang upah per bulannya di bawah Rp5 juta dan memiliki bank aktif. (OL-7)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

E-Commerce: Solusi Jitu Pemasaran Hortikultura di Masa Pandemi Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 10:30 WIB
Memastikan pangan tetap ada, terang Prihasto, adalah tugas Kementerian Pertanian. Tak hanya sampai di sana, usai berproduksi maka poin...
MI/Pius Airlangga

BI Sebut 4 Hal Ini bisa Dorong Akselerasi Pertumbuhan Kredit Perbankan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 09:00 WIB
Indonesia sebagai negara berbasis komoditas akan bisa menikmati dampak dari naiknya harga komoditas sehingga  mampu mendorong...
Dok.Ist

Pemerintah Terus Kembangkan Penggunaan Energi Panas Bumi

👤Raja Suhud 🕔Jumat 30 Juli 2021, 08:30 WIB
Kondisi Indonesia mirip dengan Jepang, memiliki potensi energi panas bumi yang cukup besar namun masih rendah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya