Sabtu 21 November 2020, 23:15 WIB

Pandemi Hadirkan Beragam Inovasi di Industri Properti

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Pandemi Hadirkan Beragam Inovasi di Industri Properti

Dok. Pribadi
Pemberian penghargaan di ajang IPBA 2020

 

PANDEMI Covid-19 yang menghantam dunia berdampak sangat besar pada semua sendi kehidupan. Termasuk bisnis di sektor properti, perbankan dan industri terkait. Meski dampaknya masih dirasakan, belakangan muncul semangat untuk tidak menyerah karena hidup dan bisnis harus tetap berjalan. Sejumlah inovasi di sekitar industri properti pun muncul.

Hal itu terlihat saat malam penganugerahan Indonesia Property & bank Award ke-15, Jumat (20/11) malam. Peraih penghargaan di ajang bertema Appreciation for The Extraordinary Achievement and Social Awareness itu sukses menampilkan inovasi yang mampu berdampak pada pasar properti dan perbankan di tengah pandemi.

"Dengan situasi muktahir dan tema, faktor penilaian kami sesuaikan. Ternyata banyak kreatifitas dan semanngat baru yang lahir di tengah pandemi. Rapat penjurian pun kami lakukan secara daring," ucap Roy Sembel, Ketua Dewan Juri, yang juga sebagai Dekan IPMI International Business School dalam keterangannya.

Sejumlah tokoh, pengusaha, banker dan perusahaan serta lembaga pemerintahan mendapatkan penghargaan atas prestasinya. Seperti Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) dengan teknologi aplikatifnya, Sikasep dan Sikumbang, sehingga institusi ini dapat secara optimal menyalurkan subsidi perumahan.

Prestasi dan kinerja Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin dalam memimpin PPDB memperlihatkan hasil yang layak diapresiasi. Nama Yusmen Liu, CEO Winner Group muncul sebagai CEO Of The Year 2020 lewat proyek CBD nya di Cibinong hasil kolaborasi dengan Sapta Group. 

Hal serupa juga sudah dilakukan oleh PT Maju Bersama Syariah, dengan mengembangkan M-Kostel (Kencana Loka Serang) sebagai sarana dormitori mahasiswa Universitas Tirtayasa, Serang, Banten. Kepastian investasi dan legalitas yang mereka tunjukan, kali ini diganjar penghargaan.

Baca juga : Apple3 Condovilla Mudahkan Milenial Beraktivitas

Lalu PT Global Timber Properti, sebagai pengembang yang memilih cross laminated timber (CLT) sebagai material utama. Dengan material tersebut, bangunan bisa berdiri dalam waktu 24 jam. CLT Residence, Karawang, Jawa Barat.

Didukung oleh pemerintah, sejumlah pelaku bisnis, institusi swasta serta tokoh, tetap bertahan dan membuktikan ketangguhan dalam menghadapi kondisi sulit ini. Mereka mampu untuk bertahan, bahkan meningkatkan pencapaiannya lewat inovasi dan beradaptasi.

"Kondisi luar biasa ini memang berdampak negatif di banyak segi, namun para peraih penghargaan IPBA 2020 ini telah membuktikan bahwa dengan semangat dan langkah, apapun kondisinya bisa ditaklukan. Diharapkan semangat dan langkah mereka bisa menginspirasi kita semua," tambah Roy

CEO Jurnalis Group yang juga Pemimpin redaksi Majalah Property&Bank, Indra Utama mengungkapkan, IPBA 2020 menghadirkan banyak kejutan dari inovasi yang dilakukan pelaku usaha.

"Pandemi ternyata mampu mendorong inovasi dan kreatifitas baru dalam hal pengembangan produk, semangat serta perijinan,” ungkap Indra yang juga Sekretaris Jenderal Asosiasi Badan Pemrusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS). (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara/Sigid Kurniawan

Menkeu: Belanja Daerah untuk Program PEN Sangat Lamban

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 01 Desember 2020, 19:15 WIB
Bendahara Negara menilai sejumlah daerah mengalami kendala dalam serapan anggaran PEN. Seperti, kesulitan berkoordinasi dengan Satgas...
DOK BJB

Dirut bank bjb Yuddy Renaldi Raih Gelar Bankers of The Year 2020

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 01 Desember 2020, 18:15 WIB
Yang teranyar, kini platform mobile banking bjb DIGI kini telah dapat melayani proses pengajuan kredit...
Dok:Pusluhtan

Mentan Luncurkan Integrasi Simluhtan e-RDKK Berbasis NIK

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 01 Desember 2020, 13:55 WIB
KEMENTAN meluncurkan integrasi data Sistem Informasi Penyuluhan Pertanian (Simluhtan) dan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya