Sabtu 31 Oktober 2020, 08:29 WIB

BI Dorong Penggunaan Wakaf Lintas Negara untuk Bangun Ekonomi

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
BI Dorong Penggunaan Wakaf Lintas Negara untuk Bangun Ekonomi

DOK MANDIRI SYARIAH
Pegawai Mandiri Syariah tengah menunjukkan fi tur wakaf sukuk CWLS Aceh diMandiri Syariah Mobile, di Aceh

 

BANK Indonesia (BI) menilai, wakaf yang tertata dengan baik dan didukung oleh teknologi diharapkan dapat mendorong mobilisasi dana lintas negara. Hal itu diharapkan berkontribusi secara signifikan terhadap program pembangunan ekonomi pemerintah.

"Khususnya, program pengentasan kemiskinan dan pembangunan sumber daya manusia yang komprehensif," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni P. Joewono dalam keterangan tertulis, Jumat (30/10).

Doni juga menyampaikan bahwa pengelolaan wakaf telah berkembang dari waktu ke waktu dan lintas negara. Untuk memastikan pengelolaan wakaf lintas negara sesuai dengan Prinsip-Prinsip Pokok Tata Kelola Wakaf (Waqf Core Principles/WCP), International Working Group on WCP melakukan edukasi dan sosialisasi standar minimal untuk pengaturan yang baik.

Pengawasan wakaf lintas batas, ungkap Doni, mengacu pada lima prinsip pokok sesuai dengan WCP. Pertama, lembaga wakaf harus memiliki kebijakan dan prosedur yang memadai untuk memitigasi risiko pengelolaan wakaf lintas negara.

Prinsip kedua ialah kerja sama dan pertukaran informasi antar lembaga wakaf untuk pengawasan yang efektif. Untuk prinsio ketiga, Doni menyebut, pengawas wakaf mewajibkan pengelola wakaf untuk menentukan kebijakan dan proses untuk mengidentifikasi, mengukur, mengevaluasi, memantau, melaporkan, mengendalikan, dan memitigasi risiko negara.

baca juga: PUPR Pastikan Irigasi di Food Estate Kalteng Mengalir Baik

Prinsip keempat ialah pengawas donor menilai skala prioritas negara penerima melalui tingkat kemiskinan, dampak bencana, dan kedekatan wilayah dengan negara donor.

"Terakhir, pengawas wakaf menilai dan menganalisis negara untuk mengurangi potensi konflik antara negara donor dan penerima," pungkas Doni. (Ins)


 

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Mentan Ajak Perguruan Tinggi Bangun SDM Pertanian Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 November 2020, 15:19 WIB
Menurut Mentan, perguruan tinggi memiliki tanggungjawab yang sama dalam menyediakan kebutuhan pangan bagi 270 juta penduduk...
DOK KEMENTAN

Kementan Berkomitmen Cegah Korupsi dan Tingkatkan Transparansi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 November 2020, 15:12 WIB
Bambang juga menambahkan terobosan Mentan untuk melakukan digitalisasi dan modernisasi pertanian, dilakukan secara bertahap dan dimulai...
DOK KEMENTAN

Kementan Ajak Peternak Unggas Gunakan Antimikroba Secara Bijak

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 November 2020, 14:46 WIB
Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH), Nasrullah mengingatkan perlu peran segala pihak agar pencegahan resistensi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya