Selasa 04 Agustus 2020, 14:24 WIB

OJK: Kredit Hanya Tumbuh 1,49% Bank Buku III Paling Tertekan

Despian Nurhidayat | Ekonomi
OJK: Kredit Hanya Tumbuh 1,49% Bank Buku III Paling Tertekan

ANTARA/MOHAMMAD AYUDHA
Karyawan memberikan pelayanan usai peresmian kantor baru Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah.

 

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) mencatat perlambatan pertumbuhan kredit perbankan. Tercatat hingga semester I-2020 kredit hanya tumbuh 1,49% atau lebih rendah dibandingkan pertumbuhan bulan Mei yang masih tumbuh 3,04%.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso bahkan menyebut, bulan Juni merupakan kondisi tertekannya penyaluran kredit akibat pandemi covid-19.

"Kita sadar, penurunan ini harapan kita hanya sementara. Harapan kita juga setelah ekonomi tumbuh perusahaan bisa bangkit," ungkapnya dalam video conference, Selasa (4/8).

Lebih rinci Wimboh menjelaskan, hingga semester I-2020 penurunan kredit paling dalam terjadi pada Bank BUKU 3 degan penurunan kredit hingga -2,25%, sedangkan Bank BUKU 4 masih tumbuh 2,88%.

Baca jugaWimboh: Tren Pertumbuhan Premi Asuransi Kuartal II-2020 Melambat

Sementara itu, untuk Bank BUKU 1 terlihat kredit masih tumbuh 3,94% sedangkan untuk bank BUKU 2 kredit mampu tumbuh 4,81%.

Wimboh menambahkan, dari sisi segmennya, kredit juga tertekaj pada Kredit Moda Kerja (KMK) yang masih terkontraksi hingga -1,3%. Sementara untuk kredit Investasi masih tumbuh 5,6% dan unuk Kredit Kontruksi masih tumbuh 2,3%.

"Harapannya kondisi ini akan pulih seiring dengan bangkitnya ekonomi nasional yang diperkirakan masih akan tumbuh seiring dengan pelonggaran aktifitas di masyarakat saat new normal," pungkas Wimboh. (A-2)

Baca Juga

AFP/Ahmad El Itani/Saudi Aramco.

Saudi Aramco Targetkan Nol Emisi Karbon pada 2050

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 20:19 WIB
Arab Saudi, pengekspor minyak mentah utama dunia, mengatakan akan bergabung dengan upaya global untuk mengurangi emisi metana hingga 30%...
Antara/Prasetia Fauzani

KAI Catatkan Kenaikan Pendapatan Rp7,46 Triliun Pada Semester I 2021 

👤Depian Nurhidayat 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 20:18 WIB
"Perseroan terus berinovasi secara efektif dan efisien agar kinerja keuangan bisa lebih lincah dalam merespons dampak yang timbul...
Dok Kementerian BUMN

Erick Thohir Apresiasi BRI Dampingi UMKM Bertransformasi Digital

👤Ant 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 20:10 WIB
Transformasi digital pada industri keuangan yang diadaptasi BUMN harus juga menjangkau ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya