Rabu 08 Juli 2020, 16:45 WIB

Menaker Beberkan Masalah UMKM di Tengah Pandemi

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Menaker Beberkan Masalah UMKM di Tengah Pandemi

Antara/Mohammad Ayudha
Perajin di Desa Mancasan, Jawa Tengah, membuat gitar yang dipasarkan di sejumlah kota besar.

 

SEKTOR usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menghadapi sejumlah persoalan di masa pandemi covid-19. Salah satunya, penurunan angka penjualan.

"UMKM di masa pandemi ini memiliki berbagai masalah. Seperti, penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat, kesulitan bahan baku, produksi menurun dan PHK buruh," papar Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Rabu (8/7).

Baca juga: Kemnaker: 1,7 Juta Orang Alami PHK dan Dirumahkan Akibat Pandemi

Kementerian Ketenagakerjaan berupaya melakukan pemulihan di sektor UMKM. Sehingga, dapat menahan laju pemutusan hubungan kerja (PHK) atau dirumahkan.

“Pemerintah telah melakukan upaya memulihkan keberlangsungan UMKM," imbuh Ida.

Strategi yang dilakukan, yaitu pemberian stimulus kepada UMKM dan koperasi, berikut Bantuan Langsung Tunai (BLT) usaha ultra mikro dan mikro. Selanjutnya, restrukturisasi dan subsidi suku bunga kredit usaha mikro dan restrukturisasi kredit untuk koperasi melalui Lembaga Penyalur Dana Bergulir (LPDB).

Baca juga: Wapres: Perkuat Ekonomi Umat, Tingkatkan Fungsi Masjid

"Ada juga upaya melalui program belanja di warung tetangga, relaksasi pajak, program Kartu Prakerja dan lainnya," pungkasnya.

Pelaku UMKM juga melakukan perubahan orientasi pemasaran akibat pandemi. Banyak pelaku UMKM yang beralih ke perdagangan elektronik (e-commerce) untuk meningkatkan penjualan.

"Saat ini, pelaku UMKM perlahan beralih ke (penjualan) online. Peningkatan terjadi di UMKM platform digital yang sebelumnya 600 ribu, menjadi 2 juta pelaku usaha," terang Ida.(OL-11)

 

Baca Juga

Ist/DPR

Anggota DPR Minta Pemerintah Tinjau Ulang Batas Baris Kemiskinan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:50 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati mengatakan Bank Dunia menaikkan garis kemiskinan ekstrem dari 1,9 dolar AS menjadi 2,15 dolar AS...
Ist

Capai Kinerja Terbaik, Nicke Widyawati Dikukuhkan sebagai Dirut Pertamina untuk Dua Periode

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:44 WIB
Nicke Widyawati dinilai oleh Pemegang Saham mampu mengantarkan Pertamina menjalankan transformasi perusahaan sekaligus meraih kinerja...
Antara

Perusahaan Besar Wajib Berikan Bantuan Pada Masyarakat Di Sekitar Lokasi Industrinya

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:36 WIB
Kamar Dagang dan Industri Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya