Sabtu 13 Juni 2020, 16:20 WIB

KAI Berikan Face Shield Gratis ke Penumpang Antarkota

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
KAI Berikan Face Shield Gratis ke Penumpang Antarkota

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Penumpang kereta rel listrik (KRL) commuter line mengenakan pelindung wajah (face shield) saat menunggu kereta di Stasiun Tanah Abang

 

DIREKTUR Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo menuturkan pihaknya akan memberikan face shield (pelindung wajah) secara gratis kepada penumpang kereta antarkota. Itu merupakan langkah yang diambil sejalan dengan penerapan kenormalan baru (new normal) di sektor perkeretaapian.

"Fasilitas face shield itu akan kami berikan gratis kepada penumpang saat akan menaiki kereta api," tutur Didiek dalam diskusi daring bertema Membangun Pemahaman Publik tentang Tanggung Jawab KCI, Sabtu (13/6).

Penggunaan face shield saat menaiki kereta api merupakan kewajiban bagi penumpang dalam penerapan kenormalan baru untuk mencegah penyebaran covid-19. Hal itu juga berdasarkan anjuran yang ada dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan 14/2020.

Dalam SE tersebut, penumpang diwajibkan untuk menggunakan face shield dan pakaian maupun jaket lengan panjang selama berada di dalam kereta. Selain itu, selama 3 jam sekali penumpang juga akan dicek suhu tubuhnya oleh petugas.

Baca juga: Hari Ini, KAI Mulai Operasikan KA Jarak Jauh Tujuan Purwokerto

Bila kedapatan suhu di atas maupun di bawah normal, maka penumpang akan dipindahkan ke ruang isolasi khusus yang telah disediakan oleh KAI.

Namun kewajiban untuk menghunakan face shield tidak berlaku pada penumpang di kereta perkotaan atau KRL maupun kereta lokal. Itu dikarenakan jangka waktu yang dihabiskan penumpang dalam KRL maupun kereta lokal tidak lama seperti kereta antarkota.

Di kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perkeretaapiaan Kemenhub Zulfikri menyatakan dalam masa kenormalan baru yang paling utama ialah mendapatkan kepercayaan masyarakat. Untuk itu pelayanan berbasis kesehatan dan kenyamanan menjadi yang utama.

"Saya minta kereta PSO memang tidak menaikkan tarif. Tapi kalau kereta komersil itu bergantung pada operator. Tapi kami memang selalu mengatakan ini adalah masa untuk membangun kepercayaan," ujarnya.

Untuk diketahui, KAI telah mengoperasikan kembali kereta antarkota pada 12 Juni 2020. Mengikuti fase kenormalan baru, kapasitas yang disediakan yakni sebesar 70% dari kapasitas.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Kepala BKPM Optimistis Ekonomi RI Segera Membaik

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 14 Mei 2021, 16:59 WIB
Masih dalam suasana Idulfitri, Bahlil menyampaikan harapan terhadap kinerja ekonomi nasional lewat akun media...
ANTARA FOTO/Fauzan

Saat Lebaran, AP I Layani 1.697 Penumpang Nonmudik

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 14 Mei 2021, 16:45 WIB
Di hari H Lebaran juga, AP I mencatat hanya ada 93 pergerakan pesawat di 15 bandara yang...
JACK GUEZ / AFP

Harga Kripto Ambles Usai Tesla Tak Lagi Terima Bitcoin

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 14 Mei 2021, 14:00 WIB
Elon Musk menyatakan di dalam akun media sosialnya bahwa Tesla tidak akan lagi menerima Bitcoin sebagai...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya