Senin 20 April 2020, 20:29 WIB

Dengan Tokopedia, Kementan Fasilitasi Penjualan Produk Peternakan

mediaindonesia.com | Ekonomi
Dengan Tokopedia, Kementan Fasilitasi Penjualan Produk Peternakan

Istimewa/Kementan
Pendatanganan nota kesepakatan (MoU) Ditjen PKH, Kementan, dengan Tokopedia di Jakarta, Senin (20/4).

 

KEMENTAN Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) menggandeng perusahaan e-commerce Tokopedia sebagai akses ke pemasaran online. Kerja sama tersebut dilakukan untuk memfasilitasi produk peternakan yang dikelola mandiri maupun oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dirjen PKH Kementan, I Ketut Diarmita mengatakan, jalinan kerja sama ini diyakini dapat meningkatkan pemasaran produk pertanian serta memutus rantai panjang yang menghambat penjualan.

"Yang paling penting, kerja sama ini bisa meningkatkan pendapatkan para peternak mandiri," ujar Diarmita saat melakukan pendatanganan nota kesepakatan (MoU) dengan Tokopedia di Jakarta, Senin (20/4).

Seperti diketahui, Kementan juga melakukan penandatanganan kerjasama dengan penyedia jasa layanan pemasaran online seperti perusahaan Blibli, Gojek dan Grab. Selain itu, kerja sama juga dilakukan dengan mitra peternakan usaha daging dan telor unggas termasuk ayam ras, daging sapi dan susu dengan perjanjian percepatan pendistribsian ke masyrakrat yang saat ini sebagai besar berada di rumah.

"Selain itu, kami juga melakukan perjanjian dengan perusahan start up dalam upaya mencarikan peluang pasar bagi para peternak agar dapat meningkatkan pendapatan mereka," kata Diarmita.

Semua upaya ini, menurut Diarmita, dilakukan sembari menunggu pelaksanaan rencana pembelian 12 juta ekor ayam ras boiler yang sudah sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 7 Tahun 2020.

Semenetara itu, salah satu pelaku UMKM pengolahan daging ayam, Devi Maharani, mengaku tertolong dengan terjalinnya kerjasama antara Kementan dan Tokopedia. Ia berharap kerjasama tersebut dapat memudahkan penjualan hingga ke seluruh elemen masyarakat.

"Dengan kerjasama ini sayang tertolong sekali karena bisa mendongkrak orderan melalui Tokopedia. Saya harap kerjasama ini terus berlanjut sampai berakhirnya masa pandemi covid-19," tutur Devi. (OL-09)

Baca Juga

Antara/Dhemas Reviyanto

BI Beli SBN Pemerintah Rp473,2 Triliun pada 2020

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 22 Januari 2021, 06:30 WIB
Pendanaan dan pembagian beban dalam APBN itu bertujuan memulihkan ekonomi nasional yang terdampak badai pandemi...
Antara/Zabur Karuru

PUPR Targetkan Pengalihan BPWS Lebih Awal

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 22 Januari 2021, 05:10 WIB
Keputusan itu mengacu Perpres 112/2020 terkait pembubaran lembaga nonstruktural. Nantinya, ada pengalihan aset milik BPWS senilai Rp1,2...
Antara/Septianda Perdana

BRI: Menumbuhkan Kredit Jadi Tantangan 2021

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 22 Januari 2021, 01:10 WIB
Pada 2020 lalu, pertumbuhan kredit di Bank BRI minus 2,42% akibat nasabah perorangan hingga korporasi terdampak pandemi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya