Jumat 13 Desember 2019, 07:30 WIB

Pengendara Diimbau Melaju 80 Km per Jam

Andhika Prasetyo | Ekonomi
 

KENDATI sudah diresmikan Presiden Joko Widodo kemarin, Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated baru dibuka pada akhir pekan ini.

"Sebelum 20 Desember 2019 bisa dipakai untuk umum setelah dibersihkan dan dirapikan rambu-rambunya," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono seusai mendampingi Jokowi meresmikan tol layang sepanjang 38 km itu, kemarin.

Tol layang ini dikhususkan untuk kendaraan golongan I dan II meskipun strukturnya mampu menahan kendaraan bertonase besar. Hal itu terkait dengan manajemen lalu lintas untuk menghindari kemacetan akibat perlambatan kendaraan bertonase besar saat menanjak masuk tol layang tersebut.

Pengemudi yang melalui tol layang ini diimbau membatasi kecepatan kendaraan di 80 kilometer per jam mengingat tol layang terpanjang itu didesain menanjak dan menurun di beberapa titik.

"Tadi kita sudah coba 80 km per jam masih cukup nyaman. Itu kecepatan maksimum di tol ini," kata Menteri Basuki, Selasa (10/12).

Dirut PT Jasa Marga Desi Arryani menyatakan pihaknya terus berupaya merapikan Tol Japek II agar bisa digunakan tepat waktu. Dia mengakui, meski belum sepenuhnya selesai, tol layang ini memenuhi syarat untuk digunakan kendaraan golongan I dan II.

"Secara fisik dan kekuatan sudah diuji, tetapi kenyamanannya belum sesuai harapan karena ada sambungan setiap 180 meter," ujar Desi, Senin (9/12).

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) belum menentukan tarif tol layang ini. Hanya, BPJT akan menghitung besaran tarif antara tol di atas dan di bawah seimbang.

"Kami harap soal tarif bisa tuntas Desember. Tol Japek II hanya diperuntukkan pengendara jarak jauh," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit.

Tol layang ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek yang mencapai 200 ribu kendaraan setiap hari. Sebanyak 30% dari jumlah itu diproyeksikan tersalurkan ke Tol Japek II Elevated. (Pra/X-3)

Baca Juga

ANTARA/Yulius Satria Wijaya

115 Perusahaan Terapkan Harga Gas Bumi yang Murah

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 02 Desember 2020, 16:55 WIB
Hingga November 2020 realisasi penurunan harga gas bumi untuk industri di wilayah Jawa Barat telah mencapai...
Antara/Hafidz Mubarak

​​​​​​​Menteri ESDM: Kejayaan Migas Sudah Berlalu

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 02 Desember 2020, 16:01 WIB
Pemerintah tidak lagi memprioritaskan besaran bagi hasil dari wilayah kerja migas. Namun, cenderung memberikan insentif agar proyek migas...
ANTARA/Galih Pradipta

Mal Golden Truly di Gunung Sahari Resmi Tutup

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 02 Desember 2020, 15:55 WIB
Meski demikian, perusahaan itu bakal terus menjualkan barang keperluan masyarakat secara...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya