Rabu 17 Juli 2019, 19:15 WIB

Langkah Garuda Polisikan Rius Dianggap Berlebihan dan Merugikan

Thomas Harming Suwarta | Ekonomi
Langkah Garuda Polisikan Rius Dianggap Berlebihan dan Merugikan

MI/Adam Dwi
Direktur Program Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), Erasmus Napitupulu

 

LANGKAH Garuda Indonesia melaporkan Rius Vernandes dan rekannya Elwiyana Monica ke pihak kepolisian menuai kritik. Hal itu dianggap sangat berlebihan dan bahkan bisa merugikan pihak Garuda sendiri.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Program Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), Erasmus Napitupulu, di Jakarta, Rabu (17/7).

"Saya mau bilang bahwa ini Garuda sangat berlebihan. Apalagi dalam Undang-Undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) konsumen punya hak untuk komplain. Makanya daripada ini mubazir laporannya lebih baik tidak dilanjutkan karena bisa merugikan Garuda sendiri," katanya.

Erasmus menjelaskan, dalam unggahan Rius terkait 'menu tulis tangan' dalam pelayanan kelas bisnis Garuda, tidak ada sama sekali tuduhan yang menyudutkan pihak Garuda.


Baca juga: Ombudsman: Manajemen Krisis Garuda Lemah


"Saya cek posting-annya bahkan tak ada tuduhan, Pasal 27 Ayat 3 itu harus sesuai dengan 310/311 KUHP, sifatnya harus tuduhan. Kan gak ada tuduhan, yang disampaikan kan fakta. Itu bisa dicek," tegas dia.

Selain itu, Erasmus juga menyoroti respons kepolisian yang langsung memanggil Rius selaku terlapor untuk dimintai keterangan. Menurut dia, tidak semua laporan kepolisian perlu memanggil terlapor sampai penyelidikan menunjukan ada dugaan tindak pidana.

"Dalam hal ini kan polisi bisa meneliti sendiri di tahap penyelidikan. Terus terang ini tidak baik karena menebarkan ketakutan di masyarakat," tegasnya.

Erasmus menantang kepolisian apabila ada tindak pidana dalam kasus tersebut. meyakini apa yang dilakukan Rius bukan tindak pidana.

"Di mana ada pidananya. Dia komplain soal layanan sebagai konsumen tanpa membuat tuduhan apa pun," pungkas Erasmus. (OL-1)

 

Baca Juga

Dok. Kementan

HUT Kemerdekaan di Kanpus Pertanian, Mentan SYL Ajak Kembalikan Kejayaan Pangan Nasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:09 WIB
SYL mengatakan, menekan ketergantungan impor harus bisa dibuktikan dengan peningkatan produksi tanaman pangan dan juga produksi panganan...
Dok. DPR RI

Komisi V Sesalkan Menhub Tidak Koordinasi Terkait Kenaikan Tarif Ojek Online

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:04 WIB
Padahal menurut dia, keputusan tersebut berdampak pada masyarakat luas sehingga memerlukan pertimbangan yang matang dan...
Dok. Bank Mandiri

Serentak, 241 Smart Branch Bank Mandiri Hadir di Seluruh Indonesia

👤Mediaindonesi.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 10:59 WIB
Nasabah yang datang ke Smart Branch by Mandiri akan merasakan pengalaman perbankan yang cepat, mudah, aman, dan handal didukung digital...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya