Senin 17 Juni 2019, 12:12 WIB

Kemenaker Gandeng Austria Kembangkan BLK Maritim

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Kemenaker Gandeng Austria Kembangkan BLK Maritim

Dok. Kemenaker
Perwakilan BBPLK Medan Heri Adha dan perwakilan Austria Stefan Duss melaksanakan penandatanganan kontrak kerja sama

 

KEMENTERIAN Ketenagakerjaan menggandeng Pemerintah Austria guna mendongkrak kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang industri kemaritiman Tanah Air.

Dengan kerja sama tersebut, pemerintah Austria berkomitmen membangun Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan, Makassar dan BLK Serang melalui skema Pinjaman dan Hibah Kuar Negeri.

Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemenaker Bambang Satrio Lelono mengungkapkan pengembangan BLK Maritim terdiri dari empat komponen utama yakni konstruksi bangunan, pengadaan peralatan pelatihan, pengembangan program, modul, dan pelatihan manajemen serta pelatihan instruktur.

“Kerja sama ini sangat penting. Kita semua tahu bahwa dua per tiga wilayah Indonesia adalah laut sehingga ada potensi besar yang harus digarap dari sektor kemaritiman. Maka dari itu, kita harus kembangkan SDM yang ada," ujar Bambang melalui keterangan resmi, Senin (17/6).

Baca juga: Kemenaker Berdayakan 33 Ribu Calon Pengusaha Mandiri

Kontrak kerja sama ditandatangani perwakilan BBPLK Medan Heri Adha dan pihak Bit Media E-Solutions GmbH Stefan Duss. Penandatanganan kontrak turut disaksikan Dirjen Binalattas, Bambang Satrio Lelono dan Duta Besar Austria Helene Steinhäusl.

Ia melanjutkan sedianya kemitraan yang saat ini dilaksanakan merupakan lanjutan kerja sama di bidang SDM antara kedua negara yang telah terjalin sejak 1996.

Kala itu, pemerintah Austria melalui Kedutaan Besar Austria membantu membangun BLK Serang dan hingga saat ini, pusat pelatihan itu masih terus beroperasi.

Adapun, Duta Besar Austria untuk Indonesia Helene Steinhäusl berharap kerja sama baru kali ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat Tanah Air.

“Ini bentuk keseriusan kami untuk mendukung dan berbagi ilmu maupun pengalaman dalam mempersiapkan SDM yang andal. Kami sangat senang bisa membantu pengembangan pelatihan kerja dengan berbagai negara sahabat termasuk Indonesia,” tutur Helene.

Pemerintah Austria juga berencana membantu beberapa pusat pelatihan lain, salah satunya BLK Banyuwangi.

Pengembangan di daerah tersebut dinilai sangat tepat guna mendorong potensi pariwisata yang sangat besar.(OL-5)

Baca Juga

MI/ Abdillah M Marzuqi

Menkop UKM Tegaskan Tak Ada PEN dalam Bentuk Bantuan Ternak di NTB

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Rabu 26 Januari 2022, 23:47 WIB
Yang ada hanyalah bantuan hibah untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) dengan jumlah bantuan Rp1 Juta per...
Dok. Pupuk Indonesia

Pupuk Indonesia Perkuat Proses Distribusi dan Pengawasan dengan Teknologi Digital 

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:49 WIB
Selain dapat mengawasi proses distribusi, sistem yang dinamai Distribution Planning & Control System (DPCS) itu juga mampu mengetahui...
MI/Haryanto Mega

Menaker Dorong BUMN dan Swasta Pekerjakan Penyandang Disabilitas 

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:15 WIB
Pada 2021, sebanyak 1.271 penyandang disabilitas telah bekerja di 72 Badan Usaha Milik Negara dan 4.554 penyandang disabilitas telah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya