Jumat 18 Maret 2022, 11:20 WIB

Di 2025, Starbucks Targetkan Tanpa Cangkir Plastik Sekali Pakai

Irana | Weekend
Di 2025, Starbucks Targetkan Tanpa Cangkir Plastik Sekali Pakai

AFP/AFP GETTY IMAGES NORTH AMERICA/JUSTIN SULLIVAN (STF)
Pada akhir 2023, pelanggan akan memiliki kesempatan untuk menggunakan cangkir mereka sendiri di setiap toko Starbucks di Amerika Serikat dan

 

Waralaba minuman kopi Starbuck telah merilis rencana barunya untuk menghapuskan pemakaian cangkir sekali pakai sekaligus mendorong pelanggan untuk menggunakan cangkir yang dapat digunakan kembali (reusable).

Pada 15 Maret, Starbucks mengumumkan bahwa mereka telah menguji teknologi baru untuk membantu menghilangkan limbah yang dikirim ke tempat pembuangan sampah dari gerai dan lokasi operasi mereka dengan secara bertahap beralih dari cangkir plastik sekali pakai.

“Inovasi adalah bagaimana kita akan membangun babak berikutnya, memajukan dampak positif planet kita, dan dengan berani membayangkan kembali masa depan kita bersama,” kata Michael Kobori, Chief Sustainability Officer Starbucks, seperti dilansir CNBC. Tujuan perusahaan adalah untuk menciptakan "gerakan budaya" pada tahun 2025 di mana pelanggan dapat dengan mudah mengakses cangkir pribadi mereka atau Starbucks yang dapat digunakan kembali selama setiap kunjungan ke toko.

Pada akhir 2023, pelanggan akan memiliki kesempatan untuk menggunakan cangkir mereka sendiri di setiap toko Starbucks di Amerika Serikat dan Kanada. Mereka juga dapat melakukan ini melalui drive-thru Starbucks atau saat melakukan pemesanan di aplikasi seluler rantai.

Beberapa model pengoperasian telah dibuat untuk memungkinkan pemanfaatan cangkir yang dapat digunakan kembali menjadi lebih nyaman. Misalnya, perusahaan telah membuat program "Pinjam Piala", di mana pelanggan memesan minuman mereka dalam cangkir Starbucks yang dapat digunakan kembali. Cangkir itu kemudian akan dikembalikan ke salah satu toko, "dibersihkan secara profesional," dan kemudian "digunakan kembali oleh pelanggan Starbucks lainnya."

Dalam program lain yang disebut “Model Operasi yang Dapat Digunakan Kembali 100 persen”, gelas plastik sekali pakai dihilangkan seluruhnya. Ketika empat toko Starbucks di Jeju, Korea Selatan menguji metode ini, "diperkirakan 200.000 cangkir sekali pakai" berkurang dari tempat pembuangan sampah dalam tiga bulan pertama.

Menurut Amelia Landers, wakil presiden produk dan inovasi Starbucks, perusahaan melakukan "banyak tes" untuk memahami bagaimana cangkir yang dapat digunakan kembali menjadi hal yang paling mudah diakses. "Kami melakukan begitu banyak tes untuk memahami bagaimana itu paling nyaman bagi pelanggan kami dan tidak akan memperlambat jalur drive-thru untuk orang di belakang Anda dan juga ramah operasional untuk mitra kami, ”kata Landers kepada CNBC.

Mengenai cangkir dan tutup sekali pakai perusahaan, Kobori telah mengungkapkan bahwa produk-produk ini merupakan 40% dari limbah kemasan perusahaan, yang merupakan alasan besar mengapa Starbucks bertujuan untuk menghilangkannya. (M-2)

Baca Juga

MI/Devi Harahap

Film Mencuri Raden Saleh bakal Tayang Serentak 25 Agustus 2022

👤Devi Harahap 🕔Jumat 01 Juli 2022, 08:10 WIB
Tak banyak film Indonesia yang menyajikan kisah aksi kriminal pencurian. Hal itulah yang menjadi tantangan tersendiri bagi Angga dalam...
Unsplash.com/Marcos Ramírez

Tips Merawat Sikat Gigi agar Bebas Kuman

👤Nike Amelia Sari 🕔Jumat 01 Juli 2022, 08:00 WIB
Berikut beberapa cara mencegah penyebaran kuman ke dan dari sikat gigi Anda dan cara terbaik untuk membersihkannya, seperti dikutip dari...
 Unsplash.com/PULSÍTOS

7 Jenis Makanan yang tidak Bikin Gendut

👤Devi Harahap 🕔Jumat 01 Juli 2022, 07:18 WIB
Diet kaya protein bisa bikin perut cepat kenyang, sekaligus menghasilkan asupan kalori keseluruhan yang lebih rendah daripada diet rendah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya