Rabu 12 Mei 2021, 05:30 WIB

Ikut Protes Golden Globe, Tom Cruise Kembalikan Tiga Piala

Fathurrozak | Weekend
Ikut Protes Golden Globe, Tom Cruise Kembalikan Tiga Piala

AFP/Anthony Harvey
Aktor Tom Cruise kembalikan tiga piala Golden Globe ke penyelenggara.

Gelombang protes dari berbagai kalangan yang menuntut Hollywood Foreign Press Association (HFPA), asosiasi penyelenggara penghargaan Golden Globe agar melakukan transformasi progresif, semakin besar. Salah satunya datang dari Tom Cruise, yang mengembalikan tiga piala.

Sebagai protes atas kontroversi yang sedang berlangsung seputar kurangnya keragaman dalam keanggotaan HFPA, Tom Cruise mengembalikan tiga piala Golden Globe yang ia peroleh untuk Born on the Fourth of July (aktor terbaik kategori drama), Jerry Maguire (aktor terbaik kategori komedi atau musikal), dan Magnolia (aktor pendukung terbaik).

Ini adalah penolakan dengan reputasi paling tinggi untuk HFPA dari satu bintang, setelah beberapa aktor - termasuk Scarlett Johansson dan Mark Ruffalo - menyerukan industri untuk ‘mundur’ melangsungkan penghargaan Golden Globe sampai reformasi lebih substansial dilakukan di dalam tubuh organisasi HFPA.

Netflix, Amazon, dan WarnerMedia juga ikut memboikot HFPA, dan NBC Universal telah mengumumkan jaringan tv kabel NBC tidak akan menayangkan Globes pada tahun 2022.

Pada awal bulan ini, HFPA mengumumkan akan menambah 20 anggota baru pada 2021, dengan tujuan untuk meningkatkan keanggotaan penuh sebesar 50% dalam 18 bulan, semua dengan fokus pada perekrutan kelompok yang kurang terwakili. Rencana itu disetujui oleh keanggotaan penuh - yang berjumlah kurang dari 90 orang - tiga hari kemudian, tetapi itu tidak berarti apa pun dalam upaya meredam gelombang protes yang ditujukan ke HFPA. 

Protes yang dilakukan ramai-ramai ini bermula dari investigasi Los Angeles Times,  pada awal tahun ini, terkait ketiadaan anggota kulit hitam di HFPA. Mantan presiden HFPA Meher Tatna juga memberi tahu Variety bahwa grup tersebut tidak memiliki anggota kulit hitan setidaknya sejak 2002, ketika dia pertama kali bergabung.

Di luar itu, perangai HFPA yang dari menuntut perlakuan khusus dan fasilitas mewah hingga pertanyaan seksis, homofobik, dan tidak sensitif rasial di acara pers - juga mendapat kecaman.  (Variety/M-2) 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Selain Sehat, 10 Jenis Buah dan Sayuran ini dapat Atasi Dehidrasi

👤Nike Amelia Sari 🕔Kamis 24 Juni 2021, 20:00 WIB
Semangka j uga kaya akan likopen yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat paparan  sinar matahari dan memperbaiki sel...
UniPin x Esmod

Inspirasi Mobile Legends dan PUBGM Lahirkan Kolaborasi Fesyen Esmod dan UniPin

👤Irana 🕔Kamis 24 Juni 2021, 19:54 WIB
Karakter-karakter game kini berkembang pesat dan menghadirkan beragam gaya yang unik dan...
Note Thanun/ Unsplash

Pendidikan Seksualitas Disarankan Dimulai di Usia 3 Tahun

👤Nike Amelia Sari 🕔Kamis 24 Juni 2021, 19:00 WIB
Pendidikan seksual juga penting agar anak bisa melindungi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

Perjalanan sejarah Indonesia terasa hambar tanpa aroma rempah. Warisan sosial, ekonomi, serta budaya dan ilmu pengetahuan itu kini dikemas dan disodorkan kepada dunia untuk diabadikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya