Senin 18 Januari 2021, 17:45 WIB

Crip Camp Jadi Dokumenter Terbaik 2020

Fathurrozak | Weekend
Crip Camp Jadi Dokumenter Terbaik 2020

Dok. Instagram @cripcampfilm
Crip Camp didaulat sebagai dokumenter terbaik 2020 oleh International Documentary Association (IDA) di ajang IDA Documentary Awards.

IDA Documentary Awards ke-36 yang berlangsung secara daring pada (16/1) di Amerika atau (17/1) waktu Indonesia telah mengumumkan para pemenangnya. Crip Camp, dokumenter yang berkisah tentang revolusi yang diinisiasi para difabel, menjadi dokumenter terbaik. 

Dokumenter tersebut juga mengisahkan sejarah mengenai Camp Jened. Perkemahan atau barak musim panas yang diinisiasi para hippie sebagai ruang inklusif para difabel. Film ini disutradarai Jim Lebrecht dan Nicole Newnham. Barrack-Michelle Obama pun ikut menjadi produser eksekutif dalam dokumenter ini.

Lebrecht, yang juga pernah menjadi peserta Camp Jened tersebut memulai Crip Camp berawal dari kisah personalnya. Selain menjadi dokumenter terbaik, Crip Camp juga menerima penghargaan dari ABC News Video Source, karena dianggap mampu dengan baik memanfaatkan cuplikan tayangan berita dalam dokumenter.

“Ini merupakan tahun yang sangat menantang bagi semua pembuat dokumenter. Tapi ketangguhan, jiwa seni, dan upaya pencarian kebenaran mereka yang tiada henti, sering kali dalam menghadapi rintangan yang luar biasa, tidak bisa tidak meninggalkan kita dengan harapan akan masa depan. Mendokumentasikan dan menyelidiki dunia kita adalah pekerjaan penting yang mengungkap kemanusiaan kita bersama dan meninggalkan dampak yang tak terhapuskan," kata direktur eksekutif IDA Simon Kilmurry, dikutip dari laman resmi IDA, Senin, (18/1).

Selain menobatkan Crip Camp sebagai dokumenter terbaik 2020, IDA Documentary Awards juga memberikan penghargaan untuk sutradara terbaik kepada Garrett Bradley atas filmnya, Time. Sementara itu, penghargaan untuk dokumenter pendek terbaik diberikan kepada film John Was Trying to Contact Aliens, yang disutradarai dan diproduseri Matthew Killip. Untuk kategori skenario dan penyuntingan terbaik, dimenangkan film Dick Johnson Is Dead.

Pada ajang tersebut, IDA juga memberikan penghargaan Truth to Power ke jurnalis asal Filipina Maria Ressa dan medianya Rappler. Resa dan Rappler dianggap berani atas laporan jurnalistik mereka. Kisah keberanian Ressa pun direkam oleh Ramona Diaz dalam dokumenter berjudul A Thousand Cuts. (M-1)

Baca Juga

 Daniel LEAL-OLIVAS / AFP

Pangeran Harry Khawatir Sejarah Terulang

👤Adiyanto 🕔Senin 01 Maret 2021, 17:00 WIB
Harry telah lama memiliki hubungan yang kurang baik dengan tabloid Inggris dan menyalahkan tekanan pers yang berkontribusi pada kematian...
The Crown/Netflix

Netflix Dominasi Kategori Serial TV di Ajang Golden Globe

👤Fathurrozak 🕔Senin 01 Maret 2021, 13:36 WIB
Total dari 20 nominasi kategori televisi, Netflix membawa enam kemenangan piala Golden Globe...
Netflix

Tribute sang Istri untuk Chadwick Boseman

👤Bagus Pradana 🕔Senin 01 Maret 2021, 13:04 WIB
Boseman mendapat penghargaan aktor terbaik kategori film drama di Golden Globe...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya