Sabtu 01 Februari 2020, 18:18 WIB

Mulai Hari ini, Android Gingerbread tidak Bisa untuk WhatsApp

Bagus Pradana | Weekend
Mulai Hari ini, Android Gingerbread tidak Bisa untuk WhatsApp

Manan VATSYAYANA / AFP
logo WhatsApp

MULAI Sabtu (1/2), pengguna yang tidak mengupdate sistem operasi (OS) dari ponsel pintarnya ke versi yang lebih baru, tidak akan lagi dapat membuat akun WhatsApp baru atau memverifikasi ulang akun yang sudah ada.

Dalam postingan di laman resmi mereka, pihak WhatsApp menyatakan jika pembatasan itu diperlukan untuk memastikan keamanan dari para penggunanya

"Karena kami tidak lagi mengembangkan WhatsApp untuk ponsel dengan sistem operasi versi lama, beberapa fitur mungkin akan berhenti berfungsi kapan saja," kata WhatsApp dalam edaran resmi seperti dilansir oleh dailymail.co.id.

"Kami sarankan Anda untuk menggunakan versi terbaru OS yang tersedia untuk ponsel Anda," tambahnya.

Ponsel pintar yang masih menjalankan OS versi 2.3.7 (dikenal sebagai Gingerbread) atau versi yang lebih lama lagi, tidak akan mampu mengakses fitur pengiriman pesan dari WhatsApp mulai hari ini.

Untungnya, menurut Google, hanya 0,3 % pengguna perangkat Android yang masih menjalankan versi sistem operasi ini, selebihnya mereka telah beralih ke versi yang lebih muda (baru).

Tidak hanya android, untuk para pengguna iPhone yang masih menggunakan iOS 8 atau yang lebih lama lagi,  uga akan kehilangan aksesnya terhadap fitur WhatsApp.

Apple mengklaim bahwa hanya 7% dari penggunanya yang masih menjalankan versi sistem operasi yang lebih tua dari iOS 12.

Aplikasi pengirim pesan yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 ini, setiap tahunnya selalu berusaha untuk memberikan layanan terbaik. Berbagai pengembangan fitur layanan yang lebih efektif dan modern pun selalu berusaha disajikan oleh WhatsApp dalam setiap update aplikasi yang mereka sediakan.

Sebelumnya pada akhir tahun 2019, WhatsApp juga sempat mengeluarkan kebijakan penghentian layanan yang sama untuk semua ponsel yang berbasis Windows dan OS BlackBerry yang sudah jarang digunakan lagi.

Kebijakan penghentian layanan ini pun mendapatkan respona yang beraneka ragam dari sejumlah pengguna. Banyak yang khawatir jika perangkat yang mereka gunakan tidak dapat lagi menjalankan aplikasi WhatsApp.

Meskipun demikian para pengguna ponsel pintar tidak perlu khawatir. Aplikasi perpesanan yang kini telah diakuisisi oleh Facebook ini masih akan tetap memberikan layanannya untuk sejumlah perangkat dengan sistem operasi yang masih kompeten untum mendukung update pengembangan layanan dari aplikasi ini, seperti Android 4.0.3 dan versi-versi atasnya serta iPhone iOS 9 dan versi terbarunya.

"Ini adalah keputusan sulit yamg harus kami buat, tetapi untuk menjamin orang-orang mendapatkan layanan yang lebih baik untuk tetap berhubungan dengan teman, keluarga, dan orang yang dicintai maka keputusan ini harus kami ambil," pungkas WhatsApp dalam edaran resminya. (M-4)

Baca Juga

Jens Schlueter / AFP

Main Candy Crush Saat Rapat, Politikus Jerman ini Dikecam

👤Adiyanto 🕔Senin 25 Januari 2021, 21:47 WIB
Politisi partai sayap kiri itu mengaku beberapa orang rekannya juga bermain sudoku, catur, atau scrabble di ponsel...
dok.Submission

Submission Lantunkan Mars Pembuka Album Young Offender

👤adiyanto 🕔Senin 25 Januari 2021, 20:09 WIB
Band yang turut meramaikan album ini antara lain, Toilet Sound, Treasure Hiding, Parklife, serta Cliffton J Rompies atau dikenal dengan...
Kiri: Luna; Kanan: Lupo

Pangeran William dan Kate Middleton Diam-Diam Lakukan Adopsi

👤Irana 🕔Senin 25 Januari 2021, 19:35 WIB
Lupo bergabung dengan keluarga Duke dan Duchess of Cambridge sejak 2011, sebelum kemudian meninggal pada November...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya