Rabu 16 November 2022, 13:03 WIB

McEasy Bantu Tingkatkan Optimalisasi Industri Logistik di Tanah Air

mediaindonesia.com | Teknologi
McEasy Bantu Tingkatkan Optimalisasi Industri Logistik di Tanah Air

Ist
Para narasumber dalam acara Media Roundtable bertajuk Peran McEasy untuk Tingkatkan Optimalisasi dan Efisiensi Industri Logistik Indonesia.

 

VOLUME pengiriman barang logistik di Indonesia tercatat naik dari tahun ke tahun. Dengan semakin meningkatnya volume pergerakan barang, efisiensi logistik juga harus ditingkatkan agar tidak berdampak pada kualitas logistik. Bagaimana cara meningkatkannya?

Dr. Nofrisel, SE, MM, Ketua Dewan Pakar Asosiasi Logistik Indonesia, menyatakan,“Mengutip dari beberapa sumber, pada tahun 2021, volume pengiriman barang logistik di Indonesia mencapai 8,8 juta shipment per hari."

"Di tahun 2022, hingga hari ini, mencapai 11,5 juta shipment. Diperkirakan angka ini akan terus meningkat mencapai 15 juta shipment per hari di tahun 2023," katanya dalam keterangan pers, Rabu (16/11).

“Secara spasial, hampir 60% pergerakan barang berpusat di pulau Jawa. Sekitar 20% di Sumatera. Jakarta sendiri mencatat lebih dari 7.000.000 shipment setiap harinya," jelasnya.

"Jika tidak ditangani dengan baik, bisa rawan terjadi mismatching, bottlenecking, dan mengakibatkan penurunan kualitas logistik. Salah satu strategi peningkatan efisiensi logistik adalah mengotomasi jaringan supply chain lewat digitalisasi teknologi,” lanjut Nofrisel.

McEasy memperkenalkan fitur yang mendukung strategi tersebut, yaitu Route Optimization.

Merupakan bagian dari Transportation Management System McEasy, fitur ini mengotomasi seluruh proses order logistik dan transportasi dalam hitungan detik hanya dengan satu klik saja.

Baca juga: APLog Ikut Sukseskan WSBK Mandalika Lewat Penanganan Kargo Tim dan Pembalap

Transportation Management System adalah software terintegrasi besutan McEasy untuk merencanakan, mengimplementasikan, memantau dan mengoptimalkan proses pengiriman barang.

Andi Setiadi, Chief Business Officer, McEasy, menjelaskan,“Route Optimization yang didukung oleh sistem telematika (GPS & sensor) adalah solusi yang memanfaatkan algoritma jaringan untuk meningkatkan efisiensi pengiriman bagi pemain 3PL."

"Pengguna dapat mengatur pengiriman pesanan yang paling efisien untuk setiap armada hanya dengan satu klik. Artinya, efisiensi setiap armada meningkat sehingga dapat membantu perusahaan mendapatkan revenue yang lebih tinggi,” ujarnya.

“Digitalisasi sistem pengorderan sebelumnya dilakukan secara manual. Route Optimization dapat meningkatkan konsistensi operasional serta menghemat waktu dan biaya. Optimalisasi rute juga membantu armada menghemat bahan bakar.," kata Andi.

Selain rute, fitur ini juga mengoptimalisasi kuota muatan kendaraan sehingga proses pengiriman dapat dilakukan lebih maksimal. Tidak ada lagi bottlenecking, atau truk yang cuma terisi setengah bak.

Sejak didirikan pada 2017, McEasy berkomitmen untuk selalu mendukung industri logistik dan transportasi Indonesia.

McEasy adalah perusahaan sistem manajemen dan pelacakan logistik pintar yang menyediakan solusi digital berbasis SaaS (software-as-a-service).

McEasy memperkuat komitmennya untuk terus mendukung industri logistik dan transportasi lewat berbagai solusi digital andal demi terintegrasinya sistem supply chain di Indonesia.

Sejauh ini lebih dari 50 industri telah terhubung dengan sistem McEasy. Lebih dari 400 perusahaan menggunakan layanan McEasy, termasuk perusahaan besar hingga usaha kecil & menengah.

Armada yang telah terhubung dengan ekosistem McEasy telah menempuh jarak lebih dari 350 juta km.

“Fitur Route Optimization tidak hanya dapat digunakan oleh perusahaan besar (enterprise) yang memiliki ratusan armada saja, tetapi juga dapat digunakan untuk perusahan unit usaha kecil dan menengah dengan jumlah armada di bawah 10 unit dengan frekuensi pengiriman yang tinggi," paparnya.

"Karenanya, penting bagi pelaku UKM untuk mulai mengadopsi fitur ini agar sistem logistik mereka juga mulai terdigitalisasi,” pungkas Andi. (RO/OL-09)

Baca Juga

Freepik.com

Teknologi Digital Hadirkan Banyak Peluang Bisnis, Apa Saja ?

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 18:27 WIB
Dosen Ilmu Komunikasi sekaligus Bendahara Relawan TIK Surabaya E Rizky Wulandari menjelaskan, bisnis online adalah jenis bisnis yang...
Dok. Maxsi

Ingin Coba bisnis Pulsa, Cek Keunggulan Jualan Pulsa dengan MAXsi Reload

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 17:56 WIB
Dengan menggunakan aplikasi MAXsi, Anda dapat menjadi distributor pulsa dan kuota murah dengan pelayanan...
Dok. Niantic

Niantic Luncurkan Pokemon Go dengan Bahasa Indonesia, Sediakan Banyak Bonus dan Event Spesial

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 16:49 WIB
VP of Niantic Omar Tellz mengaku yakin dengan hadirnya Bahasa Indonesia pada gim dengan augmented reality itu, akan membuat pemain Pokemon...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya