Selasa 29 Maret 2022, 20:00 WIB

Pelatihan Intensif Keamanan Siber untuk Generasi Muda Indonesia

mediaindonesia.com | Teknologi
Pelatihan Intensif Keamanan Siber untuk Generasi Muda Indonesia

Ist
Program Digital Talent Scholarship (DTS) 2022 digelar InfraDigital Foundation dan Mastercard didukung Kemenkominfo.

 

WORLD Bank memprediksi bahwa pada tahun 2030, Indonesia diperkirakan membutuhkan 9 juta talenta digital nasional untuk mampu berkompetisi secara global. Hal ini sejalan dengan berkembangnya era digital di Indonesia.

Dalam laporannya, McKinsey mencatat isu keamanan siber menjadi satu dari lima strategi kunci yang menjadi ujung tombak pertumbuhan dan efisiensi yang diperlukan Indonesia untuk bertahan dalam era digital.

Namun pada kenyataannya, keamanan siber di Indonesia masih rentan diretas. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada 2021 mencatat telah terjadi serangan siber di Indonesia setidaknya sebanyak 994.581.569 kali. 

InfraDigital Foundation dan Mastercard Center for Inclusive Growth melalui program Mastercard Academy 2.0. bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam program Digital Talent Scholarship (DTS) 2022.

Baca juga: Kemenkominfo dan UGM Hadirkan Seri Mata Kuliah Kecerdasan Digital 2022

Melalui salah satu program DTS yaitu Fresh Graduate Academy (FGA), Cyber Security Training dari Mastercard Academy 2.0 akan berkontibusi dalam mewujudkan 200 ribu target talenta digital pemerintah untuk tahun 2022.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing, produktivitas, profesionalisme SDM bidang teknologi informasi dan komunikasi bagi angkatan kerja muda Indonesia, masyarakat umum, dan aparatur sipil negara melalui pelatihan intensif dan sertifikasi global bidang cyber security. 

Setelah proses seleksi dari sekitar jumlah 500 pendaftar, telah terpilih 250 peserta dari seluruh Indonesia kalangan pelajar dan mahasiswa tingkat akhir dan lulusan sarjana atau diploma yang sedang mencari pekerjaan.

Melalui program cyber security training diharapkan mampu membekali peserta mengenai kompetensi bidang cyber security serta kesempatan untuk mengikuti sertifikasi internasional bidang cyber security.

Peserta akan dilatih secara intensif selama 6 minggu materi Linux+ dan Security+ kemudian akan mengikuti sertifikasi serta job channeling untuk memperluas kesempatan mereka dalam mendapatkan pekerjaan sesuai bidang IT atau cyber security.

Pada Kamis (24/3) telah dilaksanakan pembukaan Cyber Security Training Sub-Batch 1 2022 untuk kategori peserta Digital Talent Scholarship yang diawali dengan sambutan dari Nur Hasan selaku Manager Social Impact, Mastercard Center For Inclusive Growth.

Dilanjutkan oleh sambutan sekaligus pembukaan kegiatan secara resmi oleh Eyla A. Maranny sebagai Ketua Sub Pokja Fresh Graduate Academy (FGA) Digital Talent Scholarship 2022 Kemenkominfo.

Selanjutnya sambutan dan pemaparan teknis pelatihan oleh Muhammad Rofi Ash-Shiddiq, Chairman dari InfraDigital Foundation. 

“Dalam mendukung pemenuhan transformasi digital yang dicanangkan Bapak Presiden Joko Widodo, salah satu peran Kemenkominfo adalah penyiapan talenta digital Indonesia melalui program Digital Talent Scholarship, yang dalam hal ini dijalankan oleh Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika," kata Rofi dalam keterangan pers, Selasa (29/3).

Program ini ditujukan untuk memberikan upskilling serta reskilling di bidang digital untuk memenuhi kebutuhan SDM dalam memasuki era industry 4.0, dengan sinergisitas triple helix yang merupakan sinergi antara pemerintah, dunia industri maupun akademisi.

Salah satu bentuk sinergi  adalah peran dan Kerjasama dengan Mastercard Academy 2.0 yang merupakan salah satu partner DTS yang bergabung di tahun 2022 ini, khususnya dalam program Fresh Graduate Academy yang memberikan pelatihan sekaligus sertifikasi bertaraf internasional secara gratis.

Pelatihan yang diberikan adalah cyber security selama kurang lebih 2 bulan dan mendapatkan kesempatan sertifikasi global Comptia Linux+.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh pihak Mastercard Academy dalam pemenuhan kebutuhan SDM digital Indonesia,” kata Eyla A. Maranny, Ketua Sub Pokja Fresh Graduate Academy (FGA) Digital Talent Scholarship 2022 Kemenkominfo.

“Infradigital Foundation yang didukung oleh Mastercard Center for Inclusive Growth berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam program Digital Talent Scholarship ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi dengan keterampilan dan sertifikasi berstandar global di bidang cybersecurity yang sesuai dengan kebutuhan di era ekonomi digital.” jelas Rofi.

Navin Jain, Country Manager, Indonesia, Mastercard, mengatakan: “Mastercard bangga dapat berkolaborasi dengan InfraDigital Foundation dan Kemenkominfo dalam menyiapkan talenta digital nasional. "

Sampai dengan Desember 2021, Mastercard telah memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada 40.779 siswa dan siswi, serta 55.696 pelaku UMKM dan pekerja di Indonesia.

"Mastercard juga telah memperbarui target dari program Mastercard Academy 2.0 untuk membekali anak sekolah, orang dewasa, pengusaha dan profesional karir menengah dengan keterampilan digital dari 100.000 menjadi 150.000 talenta sampai dengan Januari 2023,” ujar Navin. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok. ImpacttoBuild

ImpacttoBuild Bantu Startup Sesuaikan Produknya dengan Kebutuhan Pasar

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 12:37 WIB
Menurut data Startup Genome 2019, 9 dari 10 startup di dunia gagal menghasilkan keuntungan dan akhirnya...
Ilustrasi

Berselancar dj Internet, Ini Etika dan Larangan yang Perlu Diperhatikan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 12:25 WIB
Etika berinternet, misalnya, tidak menggunakan huruf kapital, kutip seperlunya, perlakukan email sebagai pesan pribadi, hati-hati...
AFP/Denis Charlet

Medsos Berpotensi Jadi Media Berkarya

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 11:25 WIB
Enterpreneur dan Founder of Coffee Meets, Billy Tanhadi mengatakan potensi akan ruang digital pun bisa dimanfaatkan serta jadi peluang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya