Selasa 28 Desember 2021, 22:55 WIB

Sektor Informasi dan Komunikasi Tumbuh Positif

Mediaindonesia.com | Teknologi
Sektor Informasi dan Komunikasi Tumbuh Positif

Dok. Kementerian Kominfo

 

PANDEMI telah mendorong masyarakat Indonesia bermigrasi dengan cepat dari aktifitas di ruang fisik ke ruang digital. 

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyatakan pemerintah berupaya mengelola akselerasi transformasi digital nasional untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Salah satu dampak migrasi selama pandemi memengaruhi kenaikan pertumbuhan ekonomi sektor informasi dan komunikasi selama tahun 2021.

“Tahun 2021, sektor informasi dan komunikasi itu tumbuh positif berturut-turut yaitu 8,72%, 6,87% dan 5,51% year-on-year. Saya sendiri melihat ini seperti blessing in disguise, di mana masyarakat dunia dan khususnya Indonesia  bergerak secara cepat masuk ke era baru era digital.” ujarnya dalam Forum Pemimpin Redaksi, Mendigitalkan Indonesia: Retrospeksi 2021 dan Outlook 2022 Kementerian Kominfo, di Grand Hyatt Jakarta Pusat, Selasa (28/12).

Menteri Johnny menyatakan sejalan dengan pertumbuhan sektor digital di atas rata-rata ekonomi nasional, Kementerian Kominfo terus berupaya mendorong migrasi aktivitas dan memastikan kemampuan masyarakat dengan pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

“Pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia sebelumnya didorong hanya dari sisi disrupsi teknologi. Namun, pandemi covid-19 memacu akselerasi transformasi digital di semua sektor. Karena kita negara konsumen teknologi, kita harus melakukan akselerasi di hampir semua aspek,” jelasnya.

Menurut Menkominfo, pandemi covid-19 memiliki dampak kesehatan dan ekonomi, namun pemerintah berupaya memanfaatkan secara optimal dengan mendorong akselerasi transformasi digital.

“Guideline dari Bapak Presiden untuk memastikan roadmap transformasi digital dilaksanakan dengan baik oleh Kominfo agar bisa menyiapkan fondasi kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Ini dalam rangka mendorong kemampuan negara kita, resiliensi bangsa kita dan kemampuan adaptasi negara kita, masyarakat kita untuk masuk ke era digital,” tandasnya. (RO/J-2)

Baca Juga

news.microsoft.com

Microsoft Bakal Hadirkan Aplikasi Subsistem Windows di Lima Negara

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 09:00 WIB
Microsoft mengumumkan pihaknya akan menghadirkan aplikasi Subsistem Windows di lima negara hingga akhir 2022 yaitu negara Prancis, Jerman,...
Dok. Xiaomi

Xiaomi Perluas Lini Produk TV Androidnya dengan Xiaomi TV Q1E 55"

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:55 WIB
Xiaomi TV Q1E 55” memiliki layar berkualitas 4K Quantum Dot-based LED (QLED) dengan DCI-P3 color gamut yang mencapai...
Dok.Ist

New Energy Nexus Bakal Selenggarakan [RE]Spark Renewable Energy Festival

👤Mediandonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 20:13 WIB
Acara  didesain khusus untuk para inovator dan startup energi terbarukan dalam menggali dan mengembangkan ide serta inovasi demi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya