Jumat 23 Juli 2021, 14:59 WIB

BPPT Siapkan Peralatan Medis Hingga SiJempol Untuk Tangani Pandemi

Siswantini Suryandari | Teknologi
BPPT Siapkan Peralatan Medis Hingga SiJempol Untuk Tangani Pandemi

ANTARA FOTO/Syaiful Arif
Warga melintas di depan Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL-2) tipe bus sebagai rangkaian kegiatan Bakti Inovasi Teknologi BPPT

 

UNTUK menekan kasus Covid-19, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ikut terlibat dalam menciptakan sejumlah inovasi mendukung kondisi pandemi Covid-19, khususnya di bidang kesehatan. Melalui Task Force Riset dan Inovasi untuk Covid-19 (TFRIC-19) yang beranggotakan para peneliti dari berbagai disiplin ilmu dan lembaga, telah diluncurkan berbagai produk untuk mendukung penanganan pandemi Covid-19.

Sejumlah produk sudah digunakan di sejumlah rumah sakit. "Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL-2) tahun lalu sudah digunakan di RS TK II Mohamad Ridwan Meureksa Jakarta. Lab BSL 2 tersebut sudah dihibahkan ke rumah sakit tersebut. Kini RS TK II Putri Hijau Medan juga mendapat bantuan Mobile BSL 2. Selain itu juga bantuan reagen PCR dan PCR KIT," kata Kepala BPPT Hammam Riza melalui zoom dalam acara Bakti Inovasi Teknologi BPPT 2021 menyambut ulangtahun ke 43, Jumat (23/7).

Hadir dalam zoom perwakilan dari RS TK II  RS TK II Mohamad Ridwan Meureksa Jakarta dan RS TK II Putri Hijau Medan, Ketua Satgas Covid-19 UGM Rustamaji, dan perwakilan dari Litbangkes Kota Bandung, Kabupaten

Bantuan reagen PCR dan peralatannya, ventilator darurat, serta suplemen kesehatan Whole Beta dan Stamilic juga diberikan kepada Litbangkes Kota Bandung, Kabupaten Tangerang dan Kota Bogor.

"Suplemen Whole Beta memiliki kandungan antivirus, sedangkan Stamilic dari bawang hitam atau bawang lanang membantu mengendalikan kormobid," tambah Hammam.

Seluruh produk-produk tersebut telah diproduksi oleh indsustri dan telah dipasarkan.

BPPT juga meluncurkan aplikasi SiJempol 4.0 untuk meningkatkan testing, tracing dan treatment (3T) di lingkungan BPPT. Sebelumnya, aplikasi SiJempol digunakandalam mempermudah pengelolaan data kesehatan pegawai, termasuk membantu proses pencatatan data vaksinasi pegawai yang digelar BPPT Maret lalu.

Dalam versi terbarunya, aplikasi SiJempol dilengkapi dengan dashboard yang berisi detail informasi pencatatan pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pada dashboard dapat diketahui status pegawai aktif, hingga pencatatan pegawai yang sembuh. Pengguna juga dapat mengetahui perkembangan kasus harian secara real time, dan peta sebaran kasus aktif.

baca juga: BPPT

Aplikasi SiJempol pada awal pembuatan ditujukan untuk memudahkan pendataan sistem kesehatan puskesmas dan diujicobakan di Kota Bogor dan Tangerang Selatan.

Mulai dari stok obat, poli gigi, dan lainnya yang bisa terpantau dengan aplikasi SiJempol. Namun pada pandemi Covid-19, aplikasi SiJempol dimanfaatkan untuk pelacakan karyawan di perusahaan ataupun lembaga yang terpapar Covid-19. (N-1)

 

Baca Juga

AFP/Ozan Koze

Pengamat : Kebijakan Perdagangan Aset Kripto Belum Terkoordinasi 

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 25 Januari 2022, 21:54 WIB
Tidak adanya koordinasi ini pun lantas menyebabkan kebingungan kepada masyarakat, di mana Kemendag melalui Bappebti memperbolehkan...
Dok. Kemenkomminfo

Menkominfo : Presidensi G20, Momentum Kembangkan Transformasi Digital Inklusif 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:04 WIB
Dalam Presidensi G20 Indonesia, Menkominfo menyatakan Pemerintah Indonesia membawa tiga isu prioritas dalam kelompok kerja ekonomi digital...
AFP/Justin Taliis

Sektor Digital Berkembang Pesat, Metaverse dan NFT akan Meluas di Indonesia 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 25 Januari 2022, 19:55 WIB
Metaverse yang merupakan gabungan antara aspek realitas virtual (VR), realitas yang ditambahkan/augmented reality (AR), dan juga mata uang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya