Sabtu 21 Januari 2023, 12:17 WIB

Juventus Disanksi Pengurangan 15 Poin

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Juventus Disanksi Pengurangan 15 Poin

AFP
Juventus

 

JUVENTUS disanksi pengurangan 15 poin setelah didakwa kasus pemalsuan nilai transfer dan keuntungan modal. Putusan pengadilan federasi sepak bola Italia (FIGC) itu lebih berat dari permintaan jaksa yang meminta dikurangi sembilan poin.

Selama sidang, jaksa melihat adanya kecurangan dalam cara Juventus dan sejumlah tim lain menangani kesepakatan pertukaran pemain.

Dengan 20 pertandingan tersisa untuk dimainkan musim ini, Juventus berada di urutan ketiga di Serie A dengan 37 poin, tertinggal 10 poin dari pemimpin klasemen Napoli. Pengurangan poin tersebut mendorong mereka turun ke posisi ke-10, di luar tempat kualifikasi untuk kompetisi Eropa.

Pengadilan juga memberikan sanksi larangan memegang jabatan di sepak bola Italia pada 11 direktur Juventus baik yang menjabat saat ini atau sebelumnya.

Andrea Agnelli, salah satu pejabat penting Juventus, mendapatkan sanksi larangan berkiprah di sepak bola selama 24 bulan dan Fabio Paratici, yang sekarang direktur pelaksana sepak bola di klub Liga Inggris Tottenham Hotspur, mendapatkan larangan selama 30 bulan.

Baca juga: Milik Antar Juventus Kalahkan Cremonese

Juventus mengatakan akan mengajukan banding ke Sport Guarantee Board setelah keputusan itu diterbitkan.

"Kami menganggap ini sebagai ketidakadilan bagi jutaan penggemar, yang kami yakini akan segera diperbaiki di pengadilan berikutnya," kata pihak pengacara klub dalam sebuah pernyataan.

Juventus membantah melakukan kesalahan dan mengatakan akuntansi mereka sesuai dengan standar industri. Klub ini dikendalikan oleh perusahaan induk Exor (EXOR.AS) keluarga Agnelli dan sahamnya tercatat di bursa saham Milan.

Sebelumnya, Juventus, tiga klub Serie A lainnya dan 62 orang termasuk mantan presiden Juventus Andrea Agnelli dibebaskan oleh pengadilan FIGC tahun lalu karena menggunakan transfer untuk memalsukan neraca keuangan mereka.

Akan tetapi, para jaksa FIGC mengajukan kembali kasus tersebut. Mereka ingin sanksi diberikan kepada Juventus setelah mereka mempelajari dokumen-dokumen dari investigasi kriminal terpisah dari laporan keuangan klub itu yang dilakukan di Turin. (Espn/OL-5)

Baca Juga

AFP/BEN STANSALL

Graham Potter Butuh Waktu Padukan Skuad Mahal Chelsea

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 10:40 WIB
Manajer Chelsea Graham Potter meminta waktu untuk menyatukan bintang barunya setelah The Blues ditahan imbang 0-0 di kandang oleh Fulham,...
MI/Seno

Cinta Mati Kane kepada Spurs

👤Suryopratomo Pemerhati Sepak Bola 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 07:10 WIB
PENALTI bagi kesebelasan Inggris seperti sebuah kutukan. Perjalanan St George Cross ke puncak tertinggi selalu tersandung oleh...
AFP

Ten Hag Enggan Berkomentar Soal Masa Depan Greenwood

👤Widhoroso 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:57 WIB
PELATIH Manchester United, Erik ten Hag enggan memberikan komentar terhadap masa depan Mason...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya