Rabu 18 Januari 2023, 21:16 WIB

DPR: Penanganan Korban Tragedi Kanjuruhan Harus Tuntas

Akmal Fauzi | Sepak Bola
DPR: Penanganan Korban Tragedi Kanjuruhan Harus Tuntas

Antara
Suporter menyalakan lilin sesaat sebelum doa bersama di Stadion Kanjuruhan, Malang.

 

KOMISI X DPR RI siap mengawal keluarga korban tragedi Kanjuruhan untuk mendapat keadilan yang dinilai belum seluruhnya terpenuhi. Setidaknya, ada dua aspek yang menjadi fokus. 

Rinciannya, soal penegakan hukum dan penanganan terhadap korban yang harus sampai tuntas. "Tragedi kemanusiaan ini harus diusut tuntas. Siapa yang bertanggung jawab dan pemenuhan hak korban," tegas Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda, Rabu (18/1).

Adapun pernyataannya mengemuka dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama pimpinan DPRD dan pimpinan fraksi DPRD Kota Malang beserta keluarga korban tragedi Kanjuruhan.

Baca juga: Aremania Kecewa Dilarang Mengikuti Sidang Tragedi Kanjuruhan di PN Surabaya

Syaiful menekankan bahwa tragedi Kanjuruhan adalah tragedi kemanusiaan yang harus diselesaikan. Langkah administratif terkait dengan pemenuhan hak korban tidak boleh dipersulit. Dengan begitu, seluruh korban mendapatkan kompensasi moril dan materil.

Perwakilan keluarga korban mengungkapkan pemerintah memang memberikan bantuan sejak awal kejadian. Namun, bantuan dari pemerintah tidak berlanjut. Padahal, banyak korban tragedi Kanjuruhan yang mengalami trauma, cacat fisik, hingga kehilangan pekerjaan.

Baca juga: Kegagalan PSSI Urus Liga karena Efek Tragedi Kanjuruhan yang tidak Tuntas

Anggota DPRD Kota Malang Arief Wahyudi mengatakan pihaknya sudah beberapa kali mendapat aduan dari keluarga korban tragedi Kanjuruhan, yang dinilai belum mendapat keadilan.

Bahkan, sejumlah korban masih trauma dengan tragedi yang menewaskan 135 orang. Ketika melihat kepulan asap, banyak korban yang ketakutan, seperti melihat bom atau gas air mata. 

"Rumah sakit menyatakan mereka sudah sehat. Namun, trauma itu masih ada, tidak ada pendampingan. Untuk kesehatan korban, kami urunan. Malang sedang tidak baik-baik saja, masih ada demo (menuntut keadilan)," pungkas Arief.(OL-11)

Baca Juga

AFP

Amerika Serikat Tuan Rumah Copa America 2024

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:52 WIB
AMERIKA Serikat akan menjadi tuan rumah Copa America 2024. Demikian pengumuman yang dikeluarkan, Jumat...
ANTARA

Pelatih Jeonnam Dragons Berharap Asnawi Cepat Beradaptasi

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:39 WIB
ASNAWI Mangkualam telah resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Jeonnam Dragons. Kedatangan pesepakbola berusia 23 tahun tersebut disambut...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Polisi Selidiki Penyerangan Bus Tim Arema Usai Laga di Sleman

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 20:38 WIB
Bus yang ditumpangi pemain Arema FC mengalami kaca pecah setelah berakhirnya laga lanjutan Liga 1 di Sleman, DIY, Kamis (26/1). Peristiwa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya