Kamis 08 Desember 2022, 14:26 WIB

Jumlah Pelancong ke Piala Dunia Qatar belum Capai Target

Dhika Kusuma Winata | Sepak Bola
Jumlah Pelancong ke Piala Dunia Qatar belum Capai Target

AFP/Patricia De Melo Moreira.
Anak-anak bermain di taman bermain di Katara di Doha pada 7 Desember 2022, selama turnamen sepak bola Piala Dunia Qatar 2022.

 

TARGET pelancong pada Piala Dunia Qatar yang dibidik sebanyak 1,2 juta belum tercapai. Hingga dua minggu lebih, Qatar tercatat baru menerima sekitar 765 ribu pengunjung.

Laporan dari komite penyelenggara Qatar per 7 Desember menyebut selama 17 hari Piala Dunia terdapat 765.859 pengunjung internasional dan lebih dari setengahnya kini telah pulang. Jumlah itu masih jauh dari ekspektasi karena penyelenggara menargetkan sebanyak 1,2 juta pelancong selama satu bulan. 

Dengan sisa pertandingan yang lebih sedikit dan puncak kedatangan sudah lewat, lonjakan besar diprediksi sulit terjadi. Pasalnya, sekarang hanya tinggal delapan tim yang bertahan untuk memainkan laga perempat final. Ini termasuk perebutan peringkat tiga dari total 64 laga.

Panitia penyelenggara sebelumnya mengidentifikasi periode puncak pelancong internasional akan terjadi pada 24-28 November selama babak penyisihan grup ketika 32 tim memainkan empat pertandingan setiap hari. Laporan komite penyelenggara tersebut juga mencatat ada 1,33 juta pemegang tiket pertandingan dan 3,09 juta tiket terjual di delapan stadion di Qatar.

Piala Dunia Qatar yang pertama kali digelar di Timur Tengah disebut-sebut tak banyak diminati khususnya pelancong Eropa karena sejumlah faktor. Masalah itu mulai dari mahalnya ongkos tiket pesawat, hotel, dan penjualan alkohol yang dibatasi.

Pelancong internasional yang lebih sedikit dari perkiraan menyebabkan banyaknya kelebihan akomodasi yang kosong. Meski begitu, peningkatan diproyeksikan tetap akan terjadi di sisa pertandingan. 

"Dengan kompetisi yang masih berlangsung selama seminggu, gelombang pengunjung baru telah mulai berdatangan dari negara-negara yang berhasil mencapai perempat final," kata seorang pejabat Qatar. Contohnya, ratusan suporter Maroko dilaporkan baru terbang ke Qatar menyusul kepastian lolos skuad Singa Atlas ke perempat final usai kemenangan atas Spanyol.

Diprediksi, kedatangan suporter di menit-menit akhir akan makin banyak. Otoritas Qatar juga mencoba menarik pelancong dari sesama Negara Teluk dengan melonggarkan pembatasan masuk. (The Guardian/OL-14)

Baca Juga

DOK pribadi.

Ratusan Pemain Sepak Bola Usia Dini Ikut Fun Skill Challenges

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 22:35 WIB
Sebanyak 525 pemain dari 110 tim usia 10-13 tahun mengikuti Fun Skill Challenges di event Tays Bakers Barati Grassroot Football Fest...
Twitter @pagarhijaumnhn

Persita Sanksi Pelaku Penyerangan Bus Persis Solo

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 29 Januari 2023, 16:20 WIB
Pihak manajemen, panpel dan kepolisian disebut terus mengawal kejadian pelemparan bus tim Persis...
Antara

Jelang KLB PSSI, Erick Himpun Masukan Stakeholder Sepak Bola

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 29 Januari 2023, 15:47 WIB
Dari berbagai masukan itulah, Erick memandang, Ketua Umum PSSI terpilih nanti dapat meramu kebijakan yang tepat dan tajam langsung ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya